Kapolrestabes Surabaya 'Serang' Anak Buah yang Tidur di Pos

Aksi Kapolrestabes Surabaya M Iqbal saat pergoki anak buah tertidur.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Komisaris Besar Polisi M Iqbal, jadi sorotan publik Surabaya. Penyebabnya, fotonya saat menghukum anak buah yang tertidur saat bertugas di Posko Lebaran tersebar di media sosial.

AKBP Toni dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji Akhirnya Berdamai di Kedai Kopikalyan

Setidaknya ada tiga foto yang menyebar di medsos, termasuk di grup WhatsApp anggota Kepolisian dan wartawan di Surabaya.

Foto pertama menampilkan Kombes Iqbal menduduki tubuh seorang anggota yang tidur di sebuah sofa panjang berwarna hitam. Wajahnya menghadap ke samping, menatap petugas lain yang tengah duduk.

Mobil Innova Ini Jadi Viral Gara-gara Tempelan Kertas di Kaca Belakang

Foto kedua yakni momen Kapolrestabes mencengkeram kepala seorang anggota polisi berpakaian preman yang tengah duduk di sofa.

Tangan kanan Iqbal mengepal, seolah hendak meninju anak buahnya. Foto ketiga menunjukkan momen Iqbal menyaksikan empat anak buahnya yang dihukum push-up.

Ini Cara Polisi untuk Mencegah Balap Liar di Jalan

Berdasarkan keterangan diperoleh, peristiwa itu terjadi ketika Iqbal melakukan inspeksi mendadak di sebuah Pos Pengamanan di dekat pusat perbelanjaan Ciputra World, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya pada Senin pagi, sekira pukul 05.30 WIB.

Ketika masuk ke dalam pos, dia geram sekaligus sedih karena melihat ada anggota yang tertidur pulas. Padahal, matahari pagi mulai beranjak naik dan banyak warga berlalu lalang.

Iqbal juga khawatir anak buahnya mudah diserang oleh oknum yang ingin mencelakai anggota Polri. Nah, saat itulah dia melakukan simulasi, dengan berpura-pura jadi oknum tidak bertanggung jawab yang menyerang petugas di pos pengamanan.

Saat simulasi, ajudan Iqbal mengambil gambar. Foto tersebut lalu disebar ke semua grup WhatsApp anggota Polres dan Polsek Surabaya. Foto tersebut disebar untuk memberi efek positif, agar anggota yang lain tidak bertindak melanggar kedisiplinan.

Kepada wartawan, Iqbal mengatakan akan menghukum empat anggota yang ketahuan tidur saat bertugas itu dengan push-up 25 kali dan menyanyikan lagu Mars Polri.

"Agar mereka paham dan bangga menjadi polisi pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat," katanya.

Aksi Kapolrestabes Surabaya M Iqbal saat pergoki anak buah tertidur.

Aksi Kapolrestabes Surabaya M Iqbal saat pergoki anak buah tertidur (Foto: Nur Faishal/Surabaya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya