Lebaran Kedua, Pemudik Terus Padati Tol Gringsing

Pintu keluar Tol Darurat Gringsing.
Sumber :
  • dok. Jasa Marga

VIVA.co.id – Arus lalu lintas pemudik di pintu keluar tol darurat Gringsing, Batang, Jawa Tengah, pada H+1 lebaran masih padat. Jumlah kendaraan pemudik menuju ruas Pantura hingga malam ini masih terus mengalir.

Cerita Pemudik Dibantu Google Maps Hindari Kemacetan

"Sampai pukul 19.28 WIB, kendaraan di exit Gringsing yang bersinggungan dengan jalan Pantura ke Weleri Kendal masih mengalir," kata Kepala Humas Jasa Marga Semarang Batang, Iwan Abrianto, Senin 26 Juni 2017.

Iwan menyebut, ramainya kendaraan yang keluar di Gringsing hari ini sudah terlihat sejak pagi hingga sore. Tercatat pada pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB, total kendaraan yang masuk tol Pasekaran menuju Gringsing mencapai 1.086 kendaraan.

Merasa Dibully, Habiburokhman Ancam Laporkan Para Netizen

"Jadi, dalam lima belas menit sekali, kendaraan pemudik antara 251 sampai 298 kendaraan. Artinya, arus mudik ke Jateng masih ramai, " katanya. 

Di sisi lain, volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek sore hingga malam ini terpantau mengalami peningkatan, yang mengakibatkan kepadatan lalu lintas kendaraan menuju arah Cikampek. Kepadatan merupakan dampak volume lalu lintas.

Pemudik Tiba, Selamat Datang Macet Jakarta

Untuk mengurai kepadatan tersebut, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek mulai pukul 18:00 WIB telah membuka enam gardu tol arah Jakarta untuk digunakan sebagai gardu tol tambahan menuju Cikampek.

Selain itu, sejak pukul 12.50 WIB siang tadi, Jasa Marga juga telah melakukan perpanjangan jalur contra flow, mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama. 

"Diharapkan dengan penambahan gardu tol, kapasitas gerbang tol dapat optimal. Sehingga antrean kendaraan dapat terurai dalam waktu dua jam mendatang, " kata Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya