Libur Lebaran, Jalur Puncak Padat Merayap

Ilustrasi-Arus lalu lintas di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah menuju kawasan Puncak pada Senin, 26 Juni 2017. Langkah ini dilakukan lantaran antrean kendaraan dari arah Jakarta menuju pintu Tol Ciawi mulai merayap hingga empat kilometer.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Mengutip dari laporan tribratanews, kemacetan tak terhindarkan juga terjadi di sejumlah titik di jalur Puncak. Yakni di Pasir Muncang, Tanjakan Selarong, Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari, Warung Kaleng, hingga kawasan Gunung Mas.

"Sistem satu arah bersifat situasional. Warga diimbau tidak menggunakan jalur alternatif," tulis tribratanews.

Terjebak Macet Puncak, Anggota DPR Desak PUPR Bangun Flyover

Petugas Sat Lantas Bogor, Iptu Anaga Budiarso, menyebutkan, kemacetan ini terjadi jelang pintu keluar Tol Ciawi, dengan panjang mencapai empat kilometer.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di Simpang Gadog, Bogor. Kendaraan dari arah Jakarta melalui Simpang Ciawi terus memadati kawasan Puncak.

VIDEO: Kabupaten Bogor Masih PSBB, Kawasan Puncak Dipadati Kendaraan

"Prediksi sekitar 35.000 kendaraan hari ini dari normalnya 20.000 kendaraan. Sebanyak 70 persen wisatawan dan 30 persen lagi mungkin yang akan mudik," katanya.

Kemacetan kendaraan ini sudah terjadi sejak pagi hari. Ribuan kendaraan terlihat merayap rapat di sejumlah ruas jalan. Kondisi ini pun bertahan hingga siang hari.

Masa libur lebaran, untuk Jalur Puncak, kepolisian sudah menjadwalkan dua kali sistem buka tutup jalan, yakni pada pukul 07.30-11.00 ke arah Puncak dan arah sebaliknya pada pukul 13.00-17.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya