1.948 Pemudik Bertolak dari Bandung

Antrean kendaraan memadati kawasan jalur Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id – Arus balik lebaran H+1 lebaran Idul Fitri 2017 di Terminal Cicaheum Kota Bandung Jawa Barat, didominasi pemudik dengan tujuan lokal dibandingkan angkutan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto menjelaskan, arus pemudik pascahari raya didominasi tujuan Kabupaten Garut, Limbangan Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

"Penumpang di hari kedua sepi yang mudik. Kalau pun ada penumpang, biasanya naik busnya yang jarak dekat, penumpang lokal naik bus antarkota dalam provinsi," ungkap Roni, Senin 26 Juni 2017.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

Aktivitas angkutan penumpang di Terminal Cicaheum signifkan terjadi sejak pukul 08:00 WIB dan diprediksi ramai hingga pukul 10:00 WIB.

Pihaknya meprediksi jumlah penumpang pada hari kedua Lebaran kali ini, sama dengan periode tahun sebelumnya yang mencapai 2.715 pemudik.

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

"Kalau pun ada penurunan, kemungkinan sedikit," katanya.

Menurut Roni, di hari kedua Lebaran ini tercatat jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum sementara mencapai 1.948 dengan 93 bus, yang terdiri dari antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 991 orang. Sedangkan antarkota antarprovinsi (AKAP), sebanyak 957 orang.

Untuk kendaraan yang tiba ke Terminal Cicaheum, mencapai 137 bus yang membawa 854 orang, yang terdiri dari 582 penumpang AKDP dan 272 penumpang AKAP.

Untuk pelayanan arus balik, Terminal Cicaheum menyiagakan 260 armada terdiri dari 135 unit bus AKDP, 105 unit bus AKAP dan 20 unit bus bantuan dari Damri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya