Uniknya Salat Id di Gumuk Pasir Lokasi Film AADC

Salat Idul Fitri di Pesisir Pantai Selatan Kabupaten Bantul.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Ribuan umat muslim di kawasan pesisir Pantai Selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pagi tadi menggelar salat Idul Fitri di gumuk pasir, layaknya salat di gurun Kawasan Timur Tengah.

Dikejar Target, Tol Gringsing-Brebes Ditutup Total

Gumuk Pasir Bacan ini, yang berlokasi di Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sudah menjadi tempat salat Idul Fitri masyarakat pesisir Pantai Selatan Kabupaten Bantul sejak puluhan tahun.

Bahkan gumuk pasir itu semakin dikenal masyarakat ketika dijadikan tempat pengambilan gambar dalam film AADC II yang akhirnya menjadi film yang banyak ditonton pada tahun 2016 kemarin.

Jumlah 140 PNS Makassar Bolos Usai Lebaran Diklaim Rendah

Sejak pagi, tak kurang dari 5000 umat muslim secara khusyuk melaksanakan salat Idul Fitri yang dipimpin imam Khudlori dan khatib Taufikurohman.

Salah satu peserta salat Idul Fitri, Dardi Nugroho yang merupakan warga Dusun Depok, Desa Parangtritis mengatakan, kebiasaan itu sudah belasan tahun dilakukan di Pantai Parangkusumo.

Tellasan Topak, Tradisi Lebaran Ketupat Mendoakan Orang Mati

"Ada suasana berbeda dibandingkan salat di masjid atau di lapangan," ungkap Dardi.

Dengan jumlah umat yang cukup banyak, mereka juga bersilaturahim di lokasi tersebut usai menunaikan salat.
  
"Umat muslim yang ikut salat tidak saja dari Desa Parangtritis namun juga ada warga Gunungkidul," ujarnya.

Usai salat Idul Fitri, sebagian jemaah juga memanfaatkan momen untuk berswafoto dengan latar belakang gumuk pasir yang menarik. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya