Kasus di Probolinggo Jadi Kecelakaan Mudik Terparah di Jatim

Enam penumpang Toyota Avanza N 580 NQ meninggal setelah mengalami kecelakaan
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya

VIVA.co.id - Kecelakaan maut yang menewaskan enam orang di jalur pantai utara Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Sabtu dini hari, 24 Juni 2017, menjadi peristiwa paling menonjol pada musim mudik di Jatim tahun ini. Di luar kejadian itu, arus mudik di Jatim berjalan lancar.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

"Secara umum mudik tahun ini berjalan lancar. Cuma ada satu kejadian yang menonjol, kecelakaan di Probolinggo. Enam meninggal dunia," kata Kepala Polda Jawa Timur, Irjen Polisi Machfud Arifin, saat memantau Posko Lebaran di Taman Bungkul Surabaya pada Sabtu malam, 24 Juni 2017.

Kecelakaan Maut Probolinggo Paling Menonjol Mudik di Jatim

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Kepala Polda Jawa Timur, Irjen Polisi Machfud Arifin (kanan), saat memantau Posko Lebaran di Taman Bungkul Surabaya pada Sabtu malam, 24 Juni 2017. (VIVA.co.id/Nur Faishal)

Para pemudik, kata mantan Kepala Divisi ITE Mabes Polri itu, harus mengambil pelajaran pada kasus kecelakaan maut yang terjadi di Probolinggo. "Berhentilah kalau letih, jangan memaksa diri," ujarnya.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Kondisi keamanan Kota Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur dia sebut aman terkendali. Tidak ada perayaan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat pada malam takbiran. Dibantu TNI, Machfud berharap kondisi aman terkendali hingga usai Lebaran.

Sebelum mengunjungi tiga titik Posko Lebaran, Kapolda Machfud bersama Gubernur Soekarwo dan Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Kustanto Widyatmoko mengikuti kegiatan takbir bersama menyambut Hari Raya Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya. 

Pengamatan VIVA.co.id di Kota Surabaya, tidak ada keramaian menonjol di tengah kota berkaitan dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri. Suara mercon dan kembang api juga tidak terdengar ramai. Banyak masjid dan kantor pemerintah menyiapkan berbagai hal kebutuhan salat Id pada Minggu pagi, 25 Juni 2017. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya