Barack Obama Batal Kunjungi Keraton Yogyakarta

Mantan Presiden AS Barack Obama.
Sumber :
  • Reuters/Carlos Barria

VIVA.co.id – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama batal mengunjungi Keraton Yogyakarta. Pejabat Tepas Keprajuritan Keraton Yogyakarta, KRT Kusumonegoro menegaskan pihak Obama sudah mengirimkan surat pembatalan kunjungan.

Sehari, 8 Warga Isoman di Yogyakarta Meninggal Dunia

"Pihak Obama sudah mengirimkan surat ke Ngarso Dalem (Sultan) bahwa kunjungannya ke Keraton Yogyakarta batal," kata Kusumonegoro yang mengaku memperoleh informasi langsung dari sekretaris keraton di Yogyakarta, Sabtu 24 Juni 2017.

Menurut Kusumonegoro, pembatalan itu baru disampaikan pihak Barack Obama pada Sabtu siang tadi. Namun, dia mengaku tidak mengetahui alasan pembatalan itu.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Ia hanya menjelaskan informasi kebatalan itu disampaikan ke Sekretariat Keraton Yogyakarta.

"Kemudian disampaikan kepada saya," ungkapnya.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Dia menjelaskan, sebenarnya keraton telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut presiden ke-44 Amerika Serikat itu termasuk mempersiapkan katering khusus.

Selain itu, pagar penutup area proyek di sekitar Bangsal Kencono atau Kompleks Keraton yang saat ini masih dalam masa renovasi juga sudah dibuka sementara.

Bangsal Kencono, menurut Kusumonegoro, memang menjadi tempat andalan keraton untuk mempersembahkan jamuan makanan dan tarian kepada para tamu kenegaraan atau tamu kehormatan lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto mengatakan, belum mengetahui informasi perubahan agenda kunjungan Obama ke DIY yang direncanakan berlangsung 28-30 Juni itu. Agenda Obama diketahui memang tentatif.

"Belum tahu karena penyampaian ke Polda DIY, jadwal kunjungan itu memang masih tentatif," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya