Menteri BUMN Klaim Layanan Mudik 2017 Jauh Lebih Baik

Menteri BUMN Rini Soemarno.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, menginspeksi pelayanan arus mudik dengan kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, pada Sabtu pagi, 24 Juni 2017.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

Menteri mengaku telah meninjau pelayanan arus mudik pada moda transportasi lain, seperti
kereta api di sejumlah stasiun dan kendaraan umum serta pribadi di jalan tol. Dia mendapatkan gambaran umum bahwa terjadi peningkatan cukup signifikan hingga 30 persen pada arus mudik tahun ini, terutama berdasarkan data tiga-dua hari sebelum Lebaran Idul Fitri.

“Ternyata memang kenaikannya cukup besar dibandingkan tahun lalu, rata rata di atas tiga puluh persen," katanya kepada wartawan.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Meski mengalami peningkatan signifikan, Menteri mengklaim, arus mudik berjalan lebih lancar dan tertib dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Aparat pemerintah dan swasta bekerja sama dengan baik untuk memperbaiki layanan transportasi.

“Karena komunikasi antarkementerian berjalan baik—Kemenhub (Kementerian Perhubungan), Kemen-PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Kepolisian; paling utama, dan dengan pelayanan dari BUMN, kita dapat berikan pelayanan jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Pesan Khusus Budi Karya ke Pelindo dan ASDP saat Mudik Lebaran: Kapal Besar Didahulukan

Namun Menteri memberikan catatan khusus kepada PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry tentang sistem online pembelian tiket kapal. Menurutnya, sosialisasi agar masyarakat lebih memilih sistem online untuk membeli tiket dibandingkan cara manual masih kurang.

Dia berpendapat, kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak tak separah tahun-tahun sebelumnya, yang disebabkan pintu masuk ke Dermaga VI akibat penyempitan lajur jalan khusus sepeda motor.

"Mungkin memang waktu H-3 karena memang banyak sekali pemudik jauh di atas yang diperkirakan dan ada kemacetan sedikit. Tapi kalau tadi saya dapat laporan dari Pak Kapolda (Banten), kemacetan mobil pun dibanding tahun lalu di tolnya sudah lebih sedikit," katanya.

Hingga H-1, arus mudik 2017, insiden yang secara signifikan terpantau pemerintah adalah peristiwa kecelakaan mobil di tol fungsional Grinsing. Pemerintah dan aparat Kepolisian telah mewanti-wanti agar pemudik berhati-hati jika melewati Tol Gringsing karena pembangunan tol itu memang belum rampung, dibuka sementara hanya untuk arus mudik untuk mengurai kemacetan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya