Hindari Macet, Pemudik Diminta Tak Istirahat di Bahu Tol

Ilustrasi rest area dipenuhi pemudik
Sumber :
  • TMC Polda Metro

VIVA.co.id – Kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas tol pada puncak mudik tahun ini, buat sejumlah rest area di beberapa ruas jalan tol penuh. Akibatnya, para pemudik menggunakan bahu jalan untuk beristirahat, sehingga menyebabkan kemacetan.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Demi mengantisipasi kejadian tersebut, PT Lintas Marga Sedaya selaku operator ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengimbau pemudik yang menggunakan ruas tol tersebut tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh.

Pengemudi yang sudah lelah dalam berkendara bisa beristirahat di luar area tol Cipali dengan keluar melalui gerbang tol terdekat.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

“Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke tol Cipali, dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama saat dihitung jumlah yang mesti dibayarkan,” kata Wakil Presiden Direktur PT LMS, Firdaus Azis, melalui keterangan resminya, Sabtu 24 Juni 2017.

Firdaus mencontohkan, misalnya pengguna dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama keluar di GT Subang, lalu masuk lagi melalui GT Subang hingga GT Palimanan UTama. Maka, total tarif yang dibayarkan sama dengan tarif langsung GT Cikarang Utama ke GT Palimanan Utama, yakni sebesar Rp111 ribu atau tarif normal.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

“LMS juga mengimbau agar pengguna jalan tol tidak belanja di pedagang asongan yang berada di sepanjang jalan tol Cipali. Hal ini untuk menghindari kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu, bagi para pengemudi yang hendak mengisi bahan bakar di rest area, dapat memanfaatkan bahan bakar minyak kemasan berukuran 5-10 liter yang disiapkan PT Pertamina, sehingga dapat menghindari antrean panjang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

“Dalam mengantisipasi kepadatan menjelang GT Palimanan Utama, LMS juga menyiapkan voucher pengganti uang fisik yang bisa diperoleh di dekat GT Palimanan Utama tol Cipali melalui petugas jemput kendaraan yang menggunakan seragam resmi LMS,” katanya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya