Empat Tewas akibat Bus Masuk Jurang di Purbalingga

Sebuah bus Rosalia Indah jatuh ke jurang di ruas jalan Dusun Bayeman, Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada Jumat subuh, 24 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sonik Jatmiko

VIVA.co.id - Sebuah bus Rosalia Indah jatuh ke jurang di ruas jalan Dusun Bayeman, Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada Sabtu subuh, 24 Juni 2017.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Empat orang tewas dan 36 orang lain, termasuk sopir serta dua awak bus, terluka akibat kecelakaan tunggal itu. Semua korban tewas maupun luka-luka segera dibawa Rumah Sakit Umum Daerah Goeteng Purbalingga, Rumah Sakit Nirmala, dan Rumah Sakit Harapan Bunda.

Bus jurusan Jakarta-Yogyakarta-Klaten bernomor polisi AB 1505 AU itu melaju dari arah Pemalang ke Tarunadibrata Purbalingga. Bus hilang kendali di ruas jalan Desa Tlahab Lor lalu terjun ke jurang sedalam enam meter.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana, kronologi kejadian bermula saat bus itu melaju kencang dari arah utara, tepatnya masuk Dusun Bayeman.

Namun, karena medan jalan turunan tajam, bus tak bisa mengendalikan laju kecepatannya. Setelah berpapasan dengan mobil lain, bus tiba-tiba banting setir ke kiri dan terguling.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

"Bus terlalu ke kiri hingga menabrak pembatas jalan dan masuk ke dalam jurang sekitar enam meter," kata Sarwa.

Proses evakuasi terhadap bus maut itu sudah selesai dilakukan dan seluruh korban telah dibawa ke rumah sakit. Evakuasi dilakukan tim terpadu, seperti BPBD, Badan SAR Nasional, dan Palang Merah Indonesia.

"Informasi terkini dari teman-teman BPBD di sana, evakuasi sudah selesai. Baik korban maupun busnya," ujar Kepala Basarnas Pos Cilacap, Mulwahyono saat dihubungi terpisah.

Dari empat korban meninggal, tiga orang dibawa ke Rumah Sakit Nirmala, satu korban di Rumah Sakit Harapan Bunda. Sementara itu, 36 penumpang lain dilarikan ke Rumah Sakit Goeteng Tarunadibrata.

Sonik Jatmiko/Purbalingga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya