Mogok saat Mudik, Kapal Trimas Kanaya Tak Boleh Beroperasi

Suasana penumpang di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat 23 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Kapal Motor Penumpang (KMP) Trimas Kanaya mengalami mati mesin dan mogok di dekat Dermaga I, Pelabuhan Merak, Banten, Jumat, 23 Juni 2017. Akibatnya, banyak pemudik tertahan di luar Pelabuhan Merak dan proses bongkar muat kapal pun terganggu.

Pemudik Via Kapal Feri Tak Bisa Beli Tiket Online Radius 4 Km dari Pelabuhan

"Salah satu mesin KMP Trimas Kanaya ada yang mati makanya harus dipandu oleh kapal tugboat untuk bersandar di dermaga. Sementara kapal itu tidak boleh beroperasi," kata Kepala Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Merak, Harno.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelum diberi sanksi, kapal tersebut akan diperiksa oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas jika Pelabuhan Merak Ditutup karena Cuaca Buruk Saat Arus Mudik

"Itu saat beroperasi tidak rusak tapi masih bisa diganti dengan sejumlah kapal lainnya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub, Sugiharjo saat meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat, 23 Juni 2017.

Sebelumnya, kemacetan kendaraan di luar Pelabuhan Merak mencapai 10 kilometer, Kamis-Jumat, 22-23 Juni 2017. Kemacetan kendaraan di luar Pelabuhan Merak mencapai 10 kilometer. 

Pemerintah Siapkan Tiga Pelabuhan untuk Mudik Lebaran 2024

Bahkan jalan tol Tangerang-Merak pun dijadikan ajang untuk parkir karena rusaknya kapal tersebut. Bahkan pemudik pun harus terjebak di dalam antrean selama berjam-jam. (ase)

Arsip Foto. Gelombang tinggi menerjang bagian wilayah Teluk Labuan, Banten.

BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Merak hingga Pesisir Anyer

BMKG Kelas I Serang menyatakan potensi gelombang tinggi masih akan terjadi di wilayah Merak hingga pesisir Anyer, Banten, pada 2-3 hari ke depan

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024