Kapolri Yakin Mudik Horor Brexit Tak Akan Terjadi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Memasuki puncak arus mudik Lebaran, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau langsung arus mudik di tol darurat Brebes-Gringsing, Jawa Tengah, Jumat, 23 Juni 2017. Kapolri memastikan kemacetan horor di exit Brebes Timur tahun lalu tak akan terjadi saat memasuki puncak arus mudik 2017.

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

"Insya Allah sampai menuju puncak (arus mudik), mungkin malam nanti, sepertinya (macet horor) Brexit tidak akan jadi seperti tahun lalu, " kata Tito.

Kesimpulan itu, lanjut Tito, diperoleh dari pantauan di pintu tol Kaligangsa, Tegal. Di lokasi itu terdapat 10 pintu dan kondisinya lancar bahkan sepi kendaraan. Berbeda dengan tahun lalu, di wilayah Brexit terjadi kemacetan hingga 12 kilometer.

Tito Karnavian: Jadi Kapolri Itu Berat

Selain itu, mayoritas kendaraan besar terlihat lewat Kaligangsa. Sementara itu, dari Kaligangsa hingga Gringsing memang terjadi kepadatan cukup luar biasa, namun tidak terjadi kemacetan.

"(Kepadatan) hanya di pintu tol. Kami lihat tadi lebih kurang 200 meter saja. Artinya kami melihat bahwa (macet) Brexit tahun lalu sudah tidak ada lagi. Terjadinya horor itu," katanya.

Tito Karnavian Jadi Menteri, Siapa Sosok Kapolri Berikutnya?

Tito menyebut, pada arus mudik tahun ini jumlah peminat untuk memasuki jalur fungsional atau tol darurat sangat tinggi. Namun, kondisi itu bisa diantisipasi oleh seluruh pihak dan lalu lintas berjalan lancar tanpa adanya kemacetan.

"Di jalur fungsional siang hari aman-aman saja. Nanti kami akan mengecek sampai Gringsing. Tapi, yang pasti, pintu Gringsing sepi dan pintu Brexit menuju Kaligangsa jalan fungsional ini lumayan ramai," tutur Tito.

Dalam tinjauannya, kapolri didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Hary TZ serta Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono serta instansi terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya