Strategi Mengurai Macet Parah ke Pelabuhan Merak

Antrean kendaraan di luar Pelabuhan Merak sempat mencapai 10 kilometer.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id – Kemacetan panjang terjadi menuju Pelabuhan Merak, Banten. Membeludaknya kendaraan roda dua dan empat diprediksi terjadi lagi pada hari ini yang merupakan puncak arus mudik. Polisi pun sudah menyiapkan strategi seperti pengalihan arus lalu lintas.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Hingga Kamis malam, antrean kendaraan tak hanya terjadi di dalam area pelabuhan, namun juga di luar Pelabuhan Merak. Panjang antrean pun tak tanggung-tanggung karena diprediksi mencapai 8 kilometer.

Salah satu jalur yang macet adalah Jalan Cikusa sepanjang 5 kilometer dan merupakan Jalan Penghubung Gerbang Tol Merak dengan Pelabuhan Merak sudah dipenuhi pemudik.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Pihak kepolisian juga sudah melakukan sistem buka tutup di jalur menuju Pelabuhan Merak," kata Kepala Induk PJR Tol Tangerang-Merak, Kompol Dasril Chaniago, Jumat, 23 Juni 2017.

Dia menjelaskan, tak hanya Jalan Cikuasa Atas, ribuan kendaraan juga tertahan di ruas Tol Tangerang-Merak pada Jumat, dini hari. Bahkan, antrean di dalam tol sudah mencapai 3 kilometer.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Atas kejadian ini, pihak pengelola tol Tangerang-Merak juga sudah melakukan rekayasa di dalam ruas tol.

"Yakni dengan mengeluarkan kendaraan melalui gerbang Cilegon Barat," ujarnya.

Kemudian, pihak pengelola Tol Tangerang-Merak juga sudah menambah jumlah gerbang tol dari empat menjadi tujuh. "Diperkirakan antrean panjang kendaraan masih akan terjadi hingga Jumat pagi," tuturnya.

Laporan: Siti Marufah/Serang Banten

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya