Puncak Mudik, Cara Ini yang Diterapkan di Pelabuhan Merak

Kendaraan menuju Pelabuhan Merak, Kamis, 22 Juni 2017 malam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yandi Deslatama (Banten)

VIVA.co.id – Jalan Tol Tangerang-Merak dan Cikuasa Atas akan dijadikan kantong parkir saat kendaraan membeludak di dalam Pelabuhan Merak dan mengular hingga ke luar pelabuhan paling barat Pulau Jawa itu.

Pemudik Via Kapal Feri Tak Bisa Beli Tiket Online Radius 4 Km dari Pelabuhan

"Ada sistem buka tutup, kondisi situasional. Kalau seandainya yang ke luar dari gerbang Merak sudah mendekati gerbang (Pelabuhan Merak), maka kami berlakukan one way, ini gerbang (Tol Merak) ke luar semua," kata Kepala Induk PJR Turangga 003 Korlantas Polri, Komisaris Polisi Dasril Chaniago, Kamis, 22 Juni 2017. 

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di dalam tol Tangerang-Merak, sebanyak 14 mobil derek, 4 ambulans, hingga lima mobil patroli disiagakan.

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas jika Pelabuhan Merak Ditutup karena Cuaca Buruk Saat Arus Mudik

"Patroli kami sudah disiapkan juga dengan membawa bahan bakar dirigen, nanti bisa dibantu dulu (kendaraan yang kehabisan bensin)," kata Sunarto Sastrowiyoto, manajer teknik dan operasional PT Marga Mandala Sakti (MMS), pengelola tol Tangerang-Merak.

Jika ujung antrean kendaraan di dalam tol sudah mendekati Gerbang Tol Cilegon Barat, kendaraan akan dikeluarkan melalui Gerbang Tol Cilegon Timur dan melewati jalan protokol Kota Cilegon, Banten.

Pemerintah Siapkan Tiga Pelabuhan untuk Mudik Lebaran 2024

Selama arus mudik 2017 ini, jalan tol Tangerang-Merak diperkirakan akan dilewati dua juta kendaraan. Sedangkan puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Kamis-Jumat, 22-23 Juni 2017.

Arsip Foto. Gelombang tinggi menerjang bagian wilayah Teluk Labuan, Banten.

BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Merak hingga Pesisir Anyer

BMKG Kelas I Serang menyatakan potensi gelombang tinggi masih akan terjadi di wilayah Merak hingga pesisir Anyer, Banten, pada 2-3 hari ke depan

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024