Arus Mudik, Menhub: Jangan Mengandalkan Tol Cipali

Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan masyarakat untuk tidak mengandalkan jalur Tol Cipali saat mudik. Sebab, ada jalur lain yang sudah disiapkan pemerintah untuk dapat dilalui para pemudik. Mereka bisa melalui jalur Pantura atau pun jalur selatan. 

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Karena Kemenhub menerapkan aturan, jika terjadi kemacetan lebih dari dua kilometer (km), jalur tol tersebut akan segera ditutup. "Jangan kecewa kalau diarahkan ke Pantura, karena memang ada waktu-waktunya akan diarahkan ke Pantura, dan kapasitas (Tol Cipali) pun juga terbatas," ujar Budi di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2017.

Dia mengemukakan, status ruas Tol Batang-Gringsing telah diubah dari fungsional menjadi darurat. Artinya, jalur tersebut hanya digunakan bila terjadi kemacetan parah. 

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

Pengubahan ini pun untuk menghindari kemacetan karena adanya ekspektasi yang berlebih atas jalur yang disediakan. "Hati-hati, kita katakan operasi (jalan darurat) dari jam 06.00 sampai 18.00. Malam tidak boleh, tetapi kalau macet tetap kita buka. Tapi dengan catatan, jalan masih bergelombang, ada naik turun," ujarnya. 

Ia pun memberikan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya, yang berperan membangun jalan darurat. 

Polda Jateng Berlakukan One Way di Jalur Tol Cipali hingga Semarang-Batang

"Mereka ekstra menyiapkan itu sebagai sarana supaya kemacetan yang sulit diurai di daerah Pemalang itu tidak maksimal lagi. Insya Allah kita doakan tidak terjadi," ujarnya.

Dok. Istimewa

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024