Tenda Jemaah Haji RI di Mina Pakai AC Baru Tahun Ini

Tenda Jamaah Haji RI 2017.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Agama

VIVA.co.id – Peningkatan layanan akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini terus dilakukan. Salah satunya dengan menyediakan pendingin udara atau AC yang baru di tenda Mina tahun ini.

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

Hal ini  Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis usai mendampingi Menag Lukman Hakim Saifuddin melakukan peninjauan ke Tenda Mina, Selasa Kemarin. 

Staf Teknis Haji I Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori mengungkapkan hal yang senada. Menurutnya, tenda-tenda di Mina dibangun hampir 20 tahun yang lalu. Karena telah dimakan usia, banyak keluhan dari jemaah kalau AC nya tidak berfungsi dengan. 

Alasan Menag Tak Ingin Tambah Kuota Jemaah Haji RI

“Sekarang dengan permintaan dari kita, pihak Muassasah Asia Tenggara mengganti AC tenda Mina dengan yang baru. Menag dan delegasi sempat menyaksikan AC baru tersebut sudah terpasang di tenda-tenda Mina,” ujar Dumyathi dikutip dari keterangan resminya, Kamis 22 Juni 2017. 

Selain AC baru di Mina, jemaah haji Indonesia juga akan menempati tenda baru saat menjalani wukuf di Arafah. Saat ini, pemasangan tenda terus dilakukan oleh pihak perusahaan yang dikontrak oleh Muassasah Asia Tenggara.

Meski Sukses, Haji 2017 Tetap Harus Dievaluasi

Menurut Dumyathi, sekitar 60 persen tenda di Arafah sudah terpasang dan diperkirakan  selesai pada minggu pertama atau kedua Juli. Tenda baru di Arafah ini jauh lebih baik karena terbuat  dari bahan PVC yang tahan air dan tahan api. 

Selain itu, bahan PVC juga dapat menginsulator panas sehingga hawa dingin yang ada di dalam tenda tidak mudah keluar.

Dumyathi menambahkan, setiap tenda juga akan dilengkapi dengan pendingin udara (evaporatif air cooler). Untuk konstruksi akan menggunakan baja yang kuat sehingga tidak gampang bergeser dan lebih tahan angin.

Sebagai informasi, Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan mulai berangkat ke Madinah pada 28 Juli 2017. Sedangkan jemaah haji gelombang kedua dijadwalkan mulai tiba di Makkah pada 6 Agustus 2017. 

Puncak haji wukuf di Arafah diperkirakan jatuh pada 31 Agustus 2017. Dengan demikian, jemaah haji akan mulai berada di Mina sejak 1 September 2017. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya