Puncak Arus Mudik di Tol Solo-Ngawi Diprediksi Besok

Kendaraan melintasi tol Solo-Ngawi, Kamis, 22 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA.co.id – Puncak arus mudik yang melintasi jalan tol Solo-Ngawi diperkirakan akan terjadi besok atau Jumat, 23 Juni 2017. 

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Pantauan VIVA.co.id, kendaraan roda empat yang masuk melalui pintu tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar terlihat mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya. Setiap lima menit sekali terdapat iring-iringan mobil pemudik pelat nomor dari luar kota Solo.

Sejumlah petugas baik dari polisi, dinas perhubungan, PT Solo Ngawi Jaya dan Banser tampak berjaga di pos pengamanan yang terletak di dekat pintu masuk. Bahkan, sejumlah petugas kepolisian berjaga dengan membawa senjata laras panjang serta rompi anti peluru.

Bakrie & Brothers Pasok Box Girder untuk Proyek LRT dan Jalan Tol

Kapolres Karanganyar Ajun Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak mengatakan, sejak jalan tol fungsional Solo-Ngawi dioperasikan pada 19 Juni 2017, jumlah kendaraan roda empat yang melintasi jalur tol tercatat mengalami kenaikan 20 hingga 50 persen setiap hari.

"Sampai Kamis siang jumlah kendaraan yang mengakses jalur tol, baik melalui pintul tol Ngasem maupun Klodran mencapai 5.300 mobil. Sebagian besar didominasi mobil pemudik pelat luar kota," katanya di pintu tol Ngasem, Kamis, 22 Juni 2017.

Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Ade menambahkan, jumlah kendaraan yang akan melintas jalan tol Solo-Ngawi diperkirakan akan mencapai puncaknya besok. Hal ini disebabkan cuti bersama instansi pemerintah dan swasta akan dimulai besok.

"Besok pagi hingga siang hari diprediksi akan terjadi kenaikan yang luar biasa kendaraan pemudik yang masuk ke jalur tol baik melalui pintu masuk Ngasem maupun Klodran," ujarnya.

Namun jalur tol yang menghubungkan Solo-Ngawi tersebut hanya beroperasi mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB, mengingat proses pembangunan jalan tol belum selesai 100 persen. 

"Pergerakan kendaraan memang terlihat meningkat mulai dari pagi, siang hingga sore. Namun untuk malam hari tidak bisa dilalui karena penutupan jalur tol dilakukan pukul 17.00 WIB," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya