H-3 Lebaran, 23 Ribu Pemudik Padati Bandara Kualanamu

Aktivitas di Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, peningkatan penumpang sudah tampak di Bandara Kualanamu Internasional Airport Kabupaten, Sumatera Utara, Kamis malam, 22 Juni 2017. Tercatat sudah 20 ribu pemudik padati Bandara terbesar nomor dua di Indonesia ini.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, sesuai dengan di Pos Pengamanan terpadu di Operasi Rahmadniya Toba 2017, sudah terjadi lonjak penumpang di Bandara pengganti Bandara Polonia Medan itu.

"Dari catatan posko Operasi Rahmadniya Toba 2017, tercatat penumpang yang datang berjumlah 17.838 orang. Sedangkan, berangkat sebanyak 15.521 orang," ungkap MP Nainggolan kepada wartawan di Medan.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Dia mengimbau kepada pemudik untuk selalu waspada dan mengingkuti arahan petugas yang berada di Bandara Kualanamu, guna kenyamanan dan keamanan bersama.

"Begitu juga kita meminta kepada masyarakat yang mudik untuk selalu menjaga barang bawaan jangan sampai kehilangan dan menjadi korban kejahatan selama menjalani mudik," ujarnya.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

Sementara itu, Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu mengatakan, peningkatan penumpang di Bandara Kualanamu pada arus mudik tahun ini meningkat sembilan persen dibandingkan 2016.

"Dari data penumpang, H-4 sudah mulai ada kenaikan baik yang datang maupun yang pergi. Jika dibandingkan dengan hari yang sama pada tahun sebelumnya ada kenaikan penumpang sekitar 5,6 persen," ungkap Wisnu.

Wisnu menjelaskan, jumlah penumpang per hari sekitar 30 ribu penumpang, akan tetapi pada H-4 mencapai lebih dari 32 ribu penumpang.

"Sebenarnya prediksi kami jumlah penumpang antara 31-32 ribu, tapi nampaknya sebaran sudah mulai meningkat pada H-4 lebaran ini," jelasnya.

Wisnu memprediksi puncak lonjakan penumpang di Bandara Kualanamu terjadi pada H-2 mengingat pada Jumat besok, 23 Juni 2017, telah memasuki cuti bersama Nasional pada Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

"H-2 diprediksi terjadi lonjakan untuk arus mudik di Bandara Kualanamu dan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+7 atau H+8," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya