Terjebak Macet? Saksikan Info Mudik 2017 VIVA.co.id

ARUS MUDIK CIPALI PADAT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Arus mudik 2017 diprediksi mencapai puncaknya pada hari Kamis malam sampai Jumat pagi, 22-23 Juni 2017. Sejumlah jalur mudik menuju Jawa Tengah harus diperhatikan.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Jalur Pantai Utara, atau Pantura, diprediksi bakal menjadi jalur paling padat masih seperti ketika arus mudik pada tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, kini ada beberapa opsi jalan.

Tim info mudik VIVA.co.id sempat menjajal jalur mudik mulai dari Jakarta menuju Jawa Tengah. Perjalanan kami mulai dari Tol Cikampek menuju Tol Cipali.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan selama mudik lewat jalur Tol Cipali. Dengan debit kendaraan yang terus mengalir, pemudik harus menjaga kondisi tubuh.

Dengan jalur panjang dan lurus, pemudik harus ekstra hati-hati jangan sampai tertidur. Karena itu, titik-titik rest area (tempat peristirahatan) harus menjadi perhatian khusus.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Kami pun melakukan pemeriksaan soal fasilitas dan kesiapan rest area sepanjang Tol Cipali. Ada dua jenis rest area, jadi jangan sampai tertukar.

Setelah itu, pemudik juga harus memperhatikan jalur mulai dari Brebes Timur menuju Tol Fungsional Trans Jawa. Kenapa harus menjadi perhatian khusus?

Karena masih banyak fasilitas yang belum siap, karena itu diberikan nama Tol Fungsional atau Tol Darurat. Pemudik yang menuju Pekalongan dan Semarang diharuskan waspada.

Selain jalur yang masih sangat bergelombang, minimnya penerangan juga akan membuat kondisi pemudik kesulitan. 

Ditambah debu tebal karena jalan belum diaspal. Jarak pandang pemudik akan sangat terbatas.

Bagi pemudik yang akan melanjutkan mulai dari jalur Tol Fungsional Batang menuju Weleri, kembali akan ditantang oleh kondisi jalan yang masih belum sempurna.

Bahkan, ruas jalur dari Batang hingga Weleri kondisinya lebih parah dibandingkan ruas jalur Pejagan-Pemalang-Batang. Bukan hanya tak ada penerangan, kondisi jalan juga belum dibeton sepenuhnya.

Bagian jalan yang sudah dibeton juga masih terlapisi oleh pasir-pasir proyek. Beberapa jembatan juga terlihat belum rampung sehingga pemudik banyak yang harus melewati jalan sedikit memutar.

Jalur ini cukup ekstrem bagi para pemudik. Untuk melihat lengkapnya lihat di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya