Kutai Timur Jadikan Gua Karst Sangkulirang Pemenang API 2017

Pantai Sekerat Bengalon Kutai Timur Kaltim
Sumber :
  • Antara/ Adi Sagaria

VIVA.co.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur benar-benar all out menjadikan Gua Karst Sangkulirang sebagai pemenang dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Pemkab Kutim sudah memiliki beberapa strategi demi meraih kemenangan dalam anugerah yang digagas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Terlepas dari soal penilaian di API 2017 itu Menpar Arief Yahya mengapresiasi pemanfaatan Gua Karst Sangkulirang itu. Sebagai destinasi berbasis alam, goa karst itu bisa menjadi atraksi yang menarik. "Harus dijaga dan dilestarikan, agar tetap abadi. Semakin dilestarikan semakin mensejahterakan," kata Arief Yahya.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan, pihaknya akan mewajibkan semua pegawai di pemkab untuk mengirim dukungan melalui pesan singkat. “Seluruh kepala OPD (organisasi perangkat daerah) wajib menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengirim minimal satu kali SMS mendukung gambar cadas Sangkulirang,” kata Kasmidi beberapa waktu lalu.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Selain itu, OPD terkait juga harus gencar mengiklankan permintaan dukungan. Dengan begitu, gelombang dukungan untuk Gua Karst Sangkulirang bakal makin besar. “Sebarkan lewat grup WhatsApp, lewat Facebook agar dukungan semakin banyak,” tambah Kasmidi.

Cukup? Belum. Tim yang bertugas menjaring dukungan diminta melakukan road show ke sekolah-sekolah di Kutim. "Setelah Lebaran kami keliling ke sekolah-sekolah,” ujar Kasmidi.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Menurut Kasmidi, Gua Karst Sangkulirang menjadi nominasi karena diyakini merupakan salah satu warisan tertua di dunia. Hal itu, sambung Kasmidi, diperkuat dengan hasil kajian salah satu universitas dari Australia. “Bahkan diprediksi lebih tua dari yang ada di Thailand. Saingannya hebat-hebat. Makanya perlu dukungan besar,” kata Kasmidi.

Di sisi lain, Kadis Pariwisata Kutim Dwi Susilanto mengatakan, masyarakat bisa mengirim dukungan melalui dua cara. Salah satunya dengan pemilihan (vote) melalui situs: www.anugerahpesonaindonesia.com. Cara kedua adalah melalui SMS premium berbayar. Warga bisa mengirim pesan dengan format: API (spasi) 3A. Setelah itu, SMS dikirim ke nomor 99368. Tarifnya Rp2 ribu per SMS.

“Ingat, vote dimulai 1 Juni 2017 sampai Oktober 2017. Kami berharap bisa menjadi juara. Dengan begitu, nantinya mampu menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Kutim, berkunjung ke kawasan karst yan bagus itu,” kata pria yang karib disapa Anto itu.

Menurut Anto, Gua Karst Sangkulirang merupakan salah satu cagar bersejarah yang ditemukan peneliti asal Perancis beberapa tahun lalu. Di dalam gua itu juga ditemukan banyak lukisan dinding berupa gambar telapak tangan dan hewan.

Dia menambahkan, para peneliti Perancis juga menemukan sejumlah tempat pembakaran, patung, dan perhiasan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Basuki Isnawan juga tak mau ketinggalan memberi dukungan. Dia siap menggerakkan petugas kebersihan untuk mengirim dukungan agar Gua Karst Sangkulirang memenangi API 2017.

“Sektor wisata di Kutim terbilang kaya dan sudah menjadi kewajiban bersama untuk dapat terus dipromosikan. Hal itu agar dapat lebih dikenal baik oleh turis lokal maupun mancanegara,” ujar Basuki. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya