TUTUP
TUTUP
NASIONAL

PMI Jateng Kerahkan 95 Ambulans di Jalur Mudik

Armada tersebut untuk antisipasi terjadi hal-hal yang tak diinginkan.
PMI Jateng Kerahkan 95 Ambulans di Jalur Mudik
Mobil ambulans/ilustrasi. (VIVAnews/Dwi Royanto)

VIVA.co.id – Palang Merah Indonesia atau PMI Jawa Tengah menyiagakan 95 mobil ambulans untuk mengantisipasi keadaan darurat di jalur mudik. Selain ambulans, PMI juga mendirikan pos pertolongan pertama di sejumlah daerah.

Ketua PMI Jateng H. Imam Triyanto mengatakan, khusus membantu pemudik di wilayah Jawa Tengah total 3.240 petugas disiagakan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. 

"Kita siagakan di seluruh kabupaten/kota se Jateng. Para petugas juga siap melayani 24 jam," kata Imam, Senin, 19 Juni 2017. 

Imam menjelaskan posko PMI sengaja didirikan baik secara mandiri maupun bergabung dengan instansi pemerintah serta TNI/Polri. Posko tersebut didirikan lokasi-lokasi strategis dan pusat keramaian; seperti jalan raya, pasar, bandara, pelabuhan dan terminal.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat PMI Jateng Hartanto menambahkan, petugas yang diterjunkan PMI terdiri dari 86 dokter, 321 perawat dan 2.833 sukarelawan yang memiliki ketrampilan pertolongan pertama. 

"Pos PMI tersebar di seluruh wilayah Jateng, baik di jalur pantura (Pantai Utara) dan Jalur Selatan. Ambulans dan petugas PMI terbagi dalam 2-3 shift setiap hari,” ujarnya.

Baik dokter, perawat atau pun sukarelawan, lanjut Imam, tak hanya akan memberikan pertolongan pertama dalam kasus-kasus kecelakaan darurat. Mereka juga bertugas memberikan konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan bagi pemudik. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP