Ada 16 Daerah di Indonesia Jadi Kantong ISIS

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (tengah).
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebutkan ada 16 daerah di Indonesia yang menjadi lokasi sel organisasi kelompok teroris ISIS.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Tak dirinci berapa banyak jumlah sel ISIS tersebut. Namun Gatot meyakini bahwa kelompok pendukung ISIS saat ini dalam posisi 'tidur' dan berpotensi bangun kapan saja.

"Ada 16 tempat. Contohnya NTB Bima ada, Jawa Tengah ada, Jawa Timur ada," kata Gatot di DPR, Kamis, 15 Juni 2017.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Menurut Gatot, yang mengkhawatirkan adalah sel-sel tidur ISIS itu bisa berpotensi bangun, terutama jika ada kejadian tertentu.

Ia mencontohkan kasus yang menimpa Filipina. Di mana dalam perkiraan ada sekira 50 hingga 100 orang saja yang disebut berafiliasi dengan ISIS. Namun faktanya adalah mencapai 600 orang. "Berarti di sana (Filipina) yang tidak diketahui (adalah) ada sel-sel ISIS yang tidur," kata Gatot.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Atas itu, Gatot berharap agar seluruh pihak dapat berupaya bersama-sama mencegah kondisi itu. Disinggung mengenai kemungkinan penangkapan, Gatot mengakui bahwa hal itu tak bisa dilakukan karena belum diatur di undang-undang.

"Nangkapnya pakai UU apa?" kata Gatot. (ase)

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyoroti kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum TNI terhadap relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali.

img_title
VIVA.co.id
7 Januari 2024