TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Puluhan Napi Masih Berkeliaran usai Kabur dari Lapas Jambi

Mereka kabur setelah tembok Lapas jebol akibat banjir.
Puluhan Napi Masih Berkeliaran usai Kabur dari Lapas Jambi
Petugas berjaga di Lapas IIA Jambi usai napi kabur (VIVA.co.id/Ramond Epu)

VIVA.co.id – Hujan lebat yang mengguyur Kota Jambi Selasa malam menyebabkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jambi kebanjiran. Bahkan dinding Lapas jebol sehingga sejumlah narapidana kabur.

Kepolisian bersama TNI masih mencari napi yang kabur saat tembok Lapas jebol diterjang banjir dini hari tadi. Sejauh ini sudah 19 orang napi yang ditangkap.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi, Bambang Palasara, napi yang kabur berjumlah 51 orang. Tujuh belas orang di antaranya sudah ditangkap lagi dan dua lainnya menyerahkan diri. "Masih ada tiga puluh dua orang orang lainnya yang masih dalam pencarian," ujar Bambang pada Rabu siang, 14 Juni 2017.

Ia mengimbau para napi yang masih berkeliaran di luar itu segera menyerahkan diri. Aparat berjanji memperlakukan mereka dengan baik jika mereka menyerahkan diri.

Kepala Kepolisian Daerah Jambi, Brigadir Jenderal Priyo Widyanto, mengatakan bahwa telah dikerahkan empat SSK (satuan setingkat kompi) atau sekira 400 personel untuk memburu napi yang kabur. Polisi juga dibantu satu SSK pasukan TNI.

Napi-napi yang masih berada di dalam Lapas akan dievakuasi ke lapas terdekat. Khusus para napi wanita yang berjumlah 59 orang sudah dievakuasi ke kantor Imigrasi Jambi.

Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi mengonfirmasi bahwa 24 napi Lapas Kelas IIA Jambi dipindahkan ke Lapas Muarasabak. "Mereka sukarela mengajukan diri untuk dipindahkan, dan kami melakukan penjemputan," ujar Kepala Lapas Muarasabak, Syahroni Ali.

Dua puluh empat napi yang dipindahkan itu masa hukumannya tidak lama, rata-rata kurang tiga tahun. "Tapi saya belum tahu napi kasus apa saja yang dipindahkan ke Muarasabak. Kemungkinan kasus narkoba," katanya. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP