Pondok Pesantren Sebagai Benteng NKRI

Ketua DPR RI Setya Novanto
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan, tidak perlu diragukan lagi perjuangan para santri pondok pesantren dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga keutuhan NKRI. Pasalnya, sejarah telah membuktikan itu.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Menurut Novanto, sapaan akrabnya, pernyataan itu perlu ditegaskan karena saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian dan tantangan yakni adanya tindakan yang mengancam kebhinekaan dan persatuan bangsa.

"Ada paham dan ajaran yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu menjaga Pancasila dan NKRI," katanya dalam agenda Safari Ramadan  di Pesantren Rahmatullah, Demak, Jateng, Senin 12 Juni 2017.

Unik, Tanpa Banner, Baliho atau Sticker Elah Karmilah Lolos Jadi Anggota DPRD

Ketua DPR RI Setya Novanto

Selain itu, ia juga mendukung para ulama yang berjuang bersama untuk mengembangkan Islam yang tasamuh (toleran) dan tawassut (moderat), Islam yang sejuk dan damai.

PKS Kawal Ketat Gugatan Sengketa Pemilu 2024 di MK

Dalam kesempatan tersebut, Novanto mengatakan bahwa sejak Februari 2017 dirinya sudah mempunyai Kartanu (Kartu Anggota Nahdlatul Ulama (NU)) diserahkan langsung oleh KH Ma'ruf Amin (Rois Am PB NU) dan disaksikan oleh Ketua Umum PB NU, KH Said Agil Siraj beberapa bulan yang lalu.

Silaturrahmi dengan para ulama tersebut dihadiri oleh KH. Mahfudz Sidiq (pimpinan pondok), Bupati Demak, HM Nasir, serta para Anggota DPR. Mereka adalah Ketua BURT DPR, Roem Kono, Wakil Ketua Baleg DPR, Firman Subagyo, Anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat, Watua Komisi VIII Noor Ahmad  dan Anggota Komisi VI, Bowo Sidik Pangarso. (webtorial

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024