TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Latahnya Pengguna Jejaring Sosial Soal 'Pejaten'

Ada sebuah blog menulis pembuat baladacintarizieq.com ada di Pejaten
Latahnya Pengguna Jejaring Sosial Soal 'Pejaten'
Tangkapan layar situs baladacintarizieq (Tangkapan layar situs baladacintarizieq)

VIVA.co.id – Tanda pagar #PejatenDiAmerika menjadi puncak percakapan di jejaring sosial Twitter sejak Minggu, 11 Juni 2017.

Tagar ini muncul setelah sebuah laman situs beralamat di analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id menampilkan hasil analisis sederhananya tentang pemilik domain baladacintarizieq.com.

Tak diketahui jelas siapa pemilik situs itu, namun karena analisisnya yang menyebutkan bahwa pemilik domain baladacintarizieq.com ada di Pejaten Jakarta Selatan, akhirnya menjadi perbincangan pengguna jejaring sosial.

Tangkapan layar

FOTO: Tampilan laman muka situs analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id sebelum hilang

 

Netizen pun mempercayai hasil analisis itu dan merisak nama Irfan Miftach yang dicantumkan dalam analisis itu sebagai diduga pemilik domain baladacintarizieq.com.

Baca Juga:

VIVA.co.id mencoba menelusuri konten yang ditayangkan di laman analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id, namun sayang laman ini telah tidak bisa diakses.

Entah mengapa laman ini tiba-tiba menghilang usai memaparkan hasil analisisnya yang belum teruji dan terlanjur membuat publik percaya bahwa domain baladacintarizieq.com ada di Pejaten Jakarta Selatan.

Sejauh ini, kepolisian tetap memastikan bahwa pengunggah awal foto bermuatan konten pornografi yang melibatkan imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab dan seorang perempuan bernama Firza Husein, bukanlah berasal dari Indonesia.

Dari pemeriksaan polisi, laman bernama baladacintarizieq.com yang pertama kali muncul 30 Januari 2017 itu justru berasal dari Amerika Serikat. Ia didaftarkan melalui Namesilo LLC.

Dalam nama organisasinya, laman ini menggunakan pelindung data, PrivacyGuardian.org yang beralamat di 1928 E. Highland Ave. Ste F104 PMB# 255, Phoenix, Amerika Serikat.

"Konten pertama keluar dari Amerika di anonymous (tak dikenal) itu. Itu yang agak kesulitan (melacaknya" kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan.

Bantahan Blogger
Sementara itu, sejak laman analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id beredar, muncul juga sebuah laman situs beralamat anarchy.chaos.id.

Diduga, laman ini dikelola oleh pria bernama Irfan Miftach, yang namanya dituding sebagai pemilik laman baladacintarizieq.com.

Bantahan

FOTO: Tampilan laman situs anarchy.chaos.id membantah tudingan situs analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id

 

Laman ini menyampaikan sejumlah klarifikasinya atas tudingan blog sebelumnya. Di laman ini juga, sang pemilik menyesalkan hilangnya laman analisisbaladacintarizieq.blogspot.co.id usai menyampaikan pendapatnya.

"Bro, sehabis melempar tuduhan ke gue, loe malah kabur tanpa meluruskan berita sesat yang sudah loe buat. Bagi gue, tuduhan yang loe arahkan ke gue ini sangat serius, dan halaman klarifikasi ini gak akan gue hapus sebelum loe meluruskan tuduhan yang sudah loe buat. Loe udah pikir domino efek atas informasi sesat yang sudah loe buat?" tulis laman itu. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP