4 Partai Besar Isyaratkan Usung Gus Ipul di Pilkada Jatim

Gus Ipul
Sumber :
  • lucky aditya ramadhan/VIVA

VIVA.co.id – Hasil Riset Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyebutkan empat nama besar yang menjadi kandidat kuat Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) pada Pemilihan Gubernur Jatim  2018 mendatang. Salah satunya Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Sebelumnya, nama Gus Ipul bersama tiga nama lainnya yakni Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), Menteri Sosial RI Khofifah dan Walikota Banyuwangi Abdullah Azwar Anas diunggulkan dalam survei Poltracking.

Tentu menarik untuk mengetahui partai-partai yang berpotensi melakukan koalisi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang notabene pemilik kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur dengan 20 kursi condong untuk mendukung kadernya yakni Gus Ipul.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Kenapa Gus Ipul, karena usulan kyai-kyai (NU), Gus Ipul juga pernah di DPR, jadi Menteri dan dua kali jadi wagub. Saya kira itu cukup dinominasikan untuk jadi pemimpin," kata Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding, saat acara penyampaian hasil survei Poltracking tersebut di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 11 Juni 2017.

Karding yakin, banyak partai yang juga setuju jika Gus Ipul maju menjadi Cagub Jatim 2018. Salah satunya yakni Partai Demokrat yang memiliki 13 Kursi di DPRD Jatim "Partai Demokrat juga saya pikir akan mendukung Gus Ipul," kata Karding.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Selain PKB, PDIP yang memiliki 19 Kursi di DPRD Jatim, juga memiliki kecenderungan untuk mendukung Gus Ipul. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, PDIP mendukung Gus Ipul karena ia dianggap sebagai cerminan warga Nahdhatul Ulama (NU), dan PDIP ingin lebih mendekatkan hubungan dengan warga Nahdliyin. "Bagi kami sangat penting untuk menjalin kerja sama dengan warga Nahdliyin," ujar Hasto.

Partai selanjutnya yang menyatakan condong untuk mendukung Gus Ipul, yakni Gerindra yang memiliki 13 Kursi di DPRD Jawa Timur. Saat ini karakteristik untuk pilgub Jatim, Gerindra lebih cocok untuk mendukung Gus Ipul. "Dalam konteks ke depan yang disampaikan Poltracking, kalau kelihatannya partai Gerindra, besar kemungkinan akan ke Pak Saifullah," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono.

Menanggapi pernyataan para petinggi partai besar tersebut, Direktur Poltracking Hanta Yudha, menganggap hal tersebut merupakan sebuah hal yang baik. Karena hasil survei sejalan dengan apa yang didukung partai.

"Jadi antara hasil survei dengan keinginan partai ini simetris. Yang bingung itu kalau apa yang diinginkan partai, tetapi hasil survei masyarakat itu berbeda. Kalau ini kan sejalan, hasil survei masyarakat dengan keinginan partai sama," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya