Komnas HAM Laporkan Aduan HTI dan Alumni '212' ke Wiranto

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA.co.id – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan aduan dari ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan para aktivis alumni aksi bela Islam '212' ke pemerintah. Aduan ini disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Guru Besar UMJ Ingatkan Gerakan Pro-Khilafah Masih Eksis di RI dengan Modus Baru

Komisioner Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Natalius Pigai, menyampaikan bahwa Komnas HAM menerima dua aduan terkait persoalan akibat aktivitas-aktivitas mereka.

"Komnas HAM telah menindaklanjuti, melakukan pemantauan, penyelidikan dan mendapatkan data, fakta, informasi. Setelah itu, Rekomendasi sementara kami tahan karena Presidium 212 dan pengacaranya meminta supaya Komnas HAM memediasi dahulu dengan pemerintah," ujar Pigai di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 9 Juni 2017.

Menag Yaqut Buka Suara Soal HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII

Namun, Pigai masih belum mau menyampaikan persoalan yang dihadapi para aktivis. Dia menekankan Komnas HAM ingin melakukan mediasi terlebih dulu antara kedua pengadu dengan pemerintah. Setelah itu, diharapkan terjadi rekonsiliasi atau perdamaian yang menciptakan keharmonisan antara keduanya dengan pemerintah.

Pigai menambahkan mediasi yang dilakukan Komnas HAM adalah salah satu langkah untuk menjaga perdamaian dalam kehidupan berbangsa.

HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII, Polisi Akan Periksa Panitia Penyelenggara Acara

"Pertemuan ini hanya untuk menyampaikan bahwa negara atau pemerintah harus ambil langkah progresif untuk ciptakan kedamaian antara pemerintah dengan komunitas muslim. Pertemuan ini merupakan salah satu langkah yang perlu diambil, yaitu bertujuan untuk menciptakan kedamaian dan menghentikan kegaduhan," ujar Pigai.

Komnas HAM tiba pada sekitar pukul 09.45 WIB. Pertemuan dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Meski demikian, hingga 10.40 WIB, pertemuan belum dimulai karena Wiranto sendiri belum tiba di Kemenko Polhukam.

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024