KPK Curiga Uang Suap DPRD Jatim Berasal dari Korupsi Proyek

Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Mochamad Basuki (kedua kiri) dengan menggunakan rompi tahanan meninggalkan Gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta, Selasa (6/6).
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basariah Panjaitan, menyangsikan bahwa sumber uang yang digunakan para kepada dinas di Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyuap anggota Komisi B DPRD Jatim berasal dari gaji atau dana pribadi.

Jadi Tersangka Suap, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua: Saya Salah dan Minta Maaf

Menurut Basariah, KPK mencurigai uang suap itu merupakan hasil saweran pihak swasta yang memenangi proyek di SKPD bersangkutan. Uang itu dikumpulkan lalu diserahkan kepada DPRD Jatim.

"Kalau dari gajinya (Kadis) kan enggak cukup. Itu kan Rp 600 juta (per tahun komitmen suapnya)" kata Basaria di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 8 Juni 2017.

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Simanjuntak Tiba di Gedung KPK, Tenteng Tas Pakaian

Basariah meyakini, tersangka dari kalangan dinas berupaya menyisihkan uang hasil 'upeti' dari swasta untuk Komisi B DPRD Jatim.

"Pasti berusaha bagaimana caranya setelah dapat proyek, Dia akan memberikan (suap) ini," ujarnya.

Terjaring OTT KPK, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak Punya Harta Rp 10,7 Miliar

Karena itu, Basaria menekankan, KPK akan mengembangkan kasus suap DPRD ini. Untuk diketahui, pada kasus ini, KPK telah menjerat enam orang tersangka. Keenamnya yakni Ketua Komisi B DPRD Jatim, Mochmmad Basuki, Kadis Pertanian Provinsi Jatim, Bambang Heryanto, Kadis Peternakan Rohayati, Ajudan Bambang Heryanto, Anang Basuki Rahmat, serta dua staf DPRD tingkat 1, Rahman Agung dan Santoso. (ren)

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wagub Jatim Emil Dardak.

Singgung Pengembangan Suap Dana Hibah Jatim, KPK Bakal Periksa Khofifah

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya kemungkinan bakal memanggil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indarparawansa dan Wagub Emil Dardak

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2022