Atasi Macet Saat Mudik, Istirahat di KM 19 Dibatasi 1 Jam

kemacetan di Tol Cikampek
Sumber :
  • Akun TMC Polda Metro

VIVA.co.id – Tempat peristirahatan atau rest area menjadi salah satu titik kemacetan saat arus mudik Lebaran. Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rest area dengan bijak dan tidak terlalu lama.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

"Imbauannya di dalam (rest area) secukupnya beristirahat, karena yang lain juga perlu beristirahat. Oleh sebab itu, di dalam kami akan tempatkan public address yang akan memberikan imbauan," kata Iriawan saat meninjau jalur mudik di Tol Jakarta-Cikampek, Kamis, 8 Juni 2017.

Mantan kapolda Jabar ini juga mengimbau, agar penggunaan rest area dibatasi. Upaya ini untuk menghindari penumpukan kendaraan yang akan masuk rest area.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Paling lama satu jam. Di rest area paling kan keperluannya mengisi BBM, salat, makan, dan istirahat maksimal satu jam lah kalau bisa. Karena kasihan yang lainnya," ujarnya.

Salah satu rest area yang menjadi perhatian wilayah hukum Polda Metro Jaya adalah di KM 19 Tol Jakarta-Cikampek. Iriawan menyebut rest area tersebut menjadi salah satu tempat peristirahatan yang sering disinggahi para pemudik.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Banyaknya pengendara yang masuk ke rest area tersebut sering kali menimbulkan kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

"KM 19 rawan (macet) juga bagi masyarakat yang mau isi bensin, makan dan istirahat, itu biasa terjadi penumpukan arus juga. Kalau tak diatur dengan baik, (kemacetan) akan sampai ke Cawang," ujar Iriawan.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa yakni buka tutup di rest area tersebut.

"Kami koordinasi dengan (pengelola) rest area untuk buka tutup, artinya kalau di dalam sudah penuh (kendaraan) enggak bisa masuk," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya