Nasdem Sebut UKP Pancasila Berbahaya Jika Tak Efektif

Presiden Jokowi Lantik Dewan Pengarah dan Kepala UKP-PIP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Dewan Pakar DPP Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi menilai ,Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila atau UKP PIP sangat penting dan relevan, khususnya dalam kerangka pembangunan bangsa di situasi kekinian.

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan

"Saya berharap badan ini akan mampu menyosialisasikan ideologi Pancasila lebih efektif. Karena kalau tidak efektif akan sangat berbahaya. Karena sekarang ini ada kecenderungan hadirnya paham-paham yang gencar melalui media sosial seperti mengerdilkan kehadiran Pancasila," kata Taufiqulhadi kepada VIVA.co.id, Rabu 7 Juni 2017.

Ia menjelaskan, Indonesia sangat majemuk tak hanya secara kultural tapi juga agama. Bahkan dalam satu agama saja ada pemahaman yang beragam. Sehingga hadirnya Pancasila dan unit kerja tersebut dianggap sebagai media untuk merekatkan situasi yang majemuk tersebut.

Daftar 14 Amicus Curiae yang Didalami Hakim MK, Termasuk Punya Megawati

Soal UKP PIP bakal seperti P4 Orde Baru, Taufiqulhadi menilai hal itu tak akan terjadi. Sebab saat Orde Baru hanya ada penafsiran sepihak. Dia menilai penafsiran sepihak memang dibenarkan, tapi karena bersifat sepihak maka kehadirannya di tengah masyarakat dianggap sebagai hal yang dipaksakan. Kondisi itu berbeda dengan konteks pada saat ini.

"Sekarang kan tidak ada. Pemerintah bentuk lembaga tersebut. Kalau kita lihat hadir Yudi Latief. Mahfud MD, Syafi’i Maarif, orang-orang yang tak bisa dikekang dan dipaksa bekerja di sesuatu yang sepihak. Tentu beda dan tidak akan terjadi seperti sebelumnya," kata Taufiqulhadi.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Soal posisi Megawati Soekarnoputri yang duduk sebagai Dewan Pengarah UKP PIP, dia menilai hal itu sudah tepat. Sebab, Megawati merupakan anak kandung proklamator Indonesia, Soekarno.

“Saya rasa tepat di situ. Tak ada masalah," kata Taufiqulhadi.

Presiden Iran pertama kali menginjakkan kaki di Arab Saudi

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Arab Saudi serta Iran memegang peranan penting di wilayah Timur Tengah. Walaupun demikian, kedua negara tersebut tampaknya telah menjalin hubungan yang kurang harmonis da

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024