Kasus Persekusi Terus Meningkat, Mei Terbanyak

Diskusi soal persekusi di Resto Tjikini
Sumber :
  • VIVA/Lilis Kholisotussurur

VIVA.co.id – Koordinator Regional Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet), Damar Julianto, mengatakan jumlah kasus persekusi terus meningkat tiap bulannya pada tahun ini. Total kasus  persekusi meningkat hingga 60 kasus.

PDIP Kini Bela Bacaleg yang Dituduh Setubuhi Anak Kandung di Lombok Barat

"Dari Januari sampai Mei 2017. Meningkat secara drastis. Hingga Mei ada sampai 60 orang (dipersekusi). Februari, Maret, April meluas, Mei makin meluas," kata Damar di Resto Tjikini, Jakarta, Minggu 4 Juni 2017.

Ia mengatakan, data kasus persekusi semakin meningkat dan meluas meskipun sudah ada seruan larangan persekusi dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Kapolri. Hingga kemarin, ia masih mendapatkan laporan adanya persekusi atau orang yang diburu di Cianjur.

Lima Tersangka Persekusi Pemandu Karaoke Ditangkap, Pria yang Menelanjangi Masih Buron

"Persekusi adalah perburuan dengan cara sistematis dan luas. Elemen persekusi misal pelaku merampas satu atau lebih hak-hak dasar, pelaku menarget orang berdasarkan identitas kelompok baik ras dan etnik. Ada tindakan yang tidak manusiawi dan dilakukan secara sistematis dan meluas," kata Damar.

Terkait hal ini, Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Asfinawati, mengatakan sebelum ada hotline center untuk melaporkan persekusi terdapat 59 orang yang melaporkan.

Polisi Tangkap 3 Tersangka Kasus Persekusi LC di Pesisir Selatan

"Kami komitmen tak publikasikan tiap hari karena ada soal kerahasiaan korban. Termasuk yang melaporkan persekusi menjadi target buruan persekusi juga," kata Asfinawati pada kesempatan yang sama. (one)

Ilustrasi sidang

Warga Permata Buana Korban Persekusi Akui Dapat Permufakatan Diskriminasi

Sidang lanjutan kasus persekusi pengurus RT/RW Permata Buana kembali dilanjutkan, tiga orang saksi akhirnya memberikan keterangan, dua diantaranya pasangan suami-istri.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2023