Gandeng YouTube, PKB 2017 Targetkan 200 Ribu Wisman

Pura eksotis di selatan Pulau Bali
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Bali mentargetkan sebanyak 200 ribu wisatawan mancanegara (wisman) hadir ke acara Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2017 hingga 8 Juli 2017, mendatang.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Yuniartha Putra. Bahkan, menurut dia, target yang dicanangkan itu berpotensi untuk melebihi target yang dicanangkan.

”Sedangkan untuk wisatawan nusantara kami belum bisa memprediksi. Karena berbagai faktor yang terjadi di bulan Juni dan Juli itu ada dua. Yakni bertepatan dengan bulan puasa Ramadan, dan juga bertepatan dengan liburan sekolah. Ini ada minus dan plusnya. Namun optimistis untuk wisman, 100 hingga 200 ribu wisman akan melihat acara ini,” ujar Agung.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Seperti diketahui, acara PKB 2017 ini merupakan acara yang sangat dinanti oleh banyak pihak. Betapa tidak, selama sebulan penuh, pulau Dewata Bali akan disajikan pentas seni dan budaya yang sudah dilaksanakan sebanyak 39 kali tersebut. ”Kami bersyukur juga pak Jokowi sudah mengkonfirmasi hadir,” ujar Agung.

Sementara itu, ada terobosan ciamik disajikan kembali oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan pihak panitia setempat. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan, pihak panitia lokal yang digawangi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bekerjasama dengan Kemenpar memastikan bahwa PKB 2017 rencananya akan disiarkan langsung oleh situs berbagi video YouTube.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

"Kami sudah mendapatkan kabar dari panitia dan kami juga sudah berkoordinasi bahwa nantinya saat pawai, YouTube akan melakukan live streaming (siaran langsung) melalui media sosial. Ini merupakan bentuk kerja sama dari Kementerian Pariwisata untuk turut mempromosikan PKB ke dunia internasional, selain itu juga nantinya bisa dinikmati dengan diulang-ulang," ujar Esthy yang juga diamini Wawan.

Ini seiring dengan semangat Kemenpar yang selalu merangkai acara dengan mengusung go digital. Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam berbagai kesempatan selalu menegaskan bahwa mempromosikan destinasi pariwisata bukanlah perkara mudah. Namun, hadirnya teknologi digital dapat mempermudah dan mempercepat proses promosi tersebut.

Hadirnya teknologi juga berperan dalam mengubah format promosi pariwisata. Menurut pria asli Banyuwangi itu, saat ini wisatawan sangat tertarik dengan konten promosi wisata yang berbentuk video. Didukung dengan kanal seperti YouTube, Instagram, Vimeo, dan Vine, konten video tentang pariwisata bisa berkembang dan disaksikan dengan banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

“Tapi ingat, kontennya jangan terlalu panjang durasinya. Calon wisatawan tidak suka melihat video yang durasinya terlalu panjang. Satu hingga tiga menit sudah cukup, yang penting kena,” ujar Arief.

Selain itu, ternyata banyak wisatawan yang suka dengan konten dalam bentuk gambar. Media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram tentunya banyak bermain peran dalam hal ini. Gambar yang berkualitas disertai dengan caption yang menarik akan semakin menambah rasa penasaran bagi para wisatawan.

Terakhir adalah konten promosi dalam bentuk tulisan. Baik itu review dari para blogger atau promosi lainnya. Salah satu yang penting untuk dipahami adalah kekuatan hashtag. Hashtag yang tepat dan dikelola secara terus menerus dapat membangkitkan konten secara viral.

“Anak muda yang tiap hari hadir secara digital wajib hukumnya dalam mempromosikan konten pariwisata daerah yang ia tinggali dan yang mereka rasakan, cinta negara kita, mainkan pariwisata di sosial media,” kata mantan Dirut Telkom itu. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya