KAI Perketat Penjagaan Jalur Rawan Mudik ke Semarang

Jalur Perlintasan Kereta.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah memetakan sejumlah jalur perlintasan rawan pada arus mudik dan balik Idul Fitri 2017. Faktor kerawanan terjadi karena potensi bencana alam maupun gangguan keamanan.

Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes, Sopir dan Anaknya Tewas

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Edi Kuswoyo mengatakan, khusus perlintasan rawan bencana alam, pihaknya mendeteksi ada 25 titik perlintasan. Potensi bencana ini karena daerah tersebut rawan tanah longsor, banjir, dan kerawanan jembatan.

"Ada 11 titik rawan longsor mulai dari Stasiun Kuripan hingga Cepu, Blora. Untuk titik rawan banjir terdeteksi di tujuh titik, mulai dari Stasiun Kuripan, Semarang Poncol, Stasiun Kedungjati hingga Gambringan,” kata Edy, Sabtu, 3 Juni 2017.

3 Fakta Pengendara Motor Tersambar Kereta dan Tewas di Deli Serdang

Khusus kerawanan wilayah jembatan, Edy mencatat, di wilayah Daop 4 ada di 17 titik jembatan. Untuk kerawanan karena gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Edy menyebut hal itu potensial terjadi mulai dari lintas Pekalongan, Semarang Poncol, Kuripan, dan Weleri. 

"Untuk kerawanan vandalisme diwaspadai di Semarang. Kemudian pengganjalan, pencurian juga diwaspadai dari Cepu sampai Semarang Poncol," ujarnya. 

KNKT Ajak Masyarakat Waspadai Lokasi Rawan Kecelakaan Saat Nataru

Perseroan juga mengantisipasi kerawanan di perlintasan sebidang. Tercatat setidaknya ada 356 jalur tanpa palang pintu di wilayahnya. Ada pula 16 underpass dan empat flyover. Di wilayah tersebut, pengamanan dilakukan dengan menyiagakan ratusan petugas untuk mempertebal penjagaan. 

"Kami juga rekrut 177 orang untuk menjadi petugas KA pada 69 lokasi perlintasan," dia menambahkan. 

KAI juga mengerahkan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), bersama TNI dan Satuan Brimob serta K9 (satwa) Polri. Upaya ini perlu untuk mendeteksi gangguan keamanan di tiap stasiun saat arus mudik dan balik Lebaran berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya