Jalur Alternatif Hindari Macet Mudik di Pantura

Ruas Tol Batang melewati jalur Pantura
Sumber :
  • VIVA.co.id / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Sejumlah kalangan memprediksi, titik kemacetan yang tahun lalu berada di exit tol Brebes Timur (Brexit) akan beralih ke wilayah jalan Pantura Barat. 

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Kondisi itu terjadi lantaran akan adanya tiga exit di ruas tol fungsional Pemalang-Batang. Salah satunya, exit tol berada di wilayah Gringsing, Batang. 

"Prediksi simpul kemacetan bergeser dari exit tol Brebes Timur ke wilayah Pantura Tegal dan Pantura Pekalongan hingga wilayah Batang, " kata anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso, Jumat, 2 Juni 2017.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Untuk mengantisipasi kemacetan di ruas Batang, Hadi meminta pemudik bisa memanfaatkan jalur altenatif di wilayah Batang. Salah satunya ruas Banyuputih-Plantungan. Melalui ruas tersebut, pemudik akan langsung melewati jalur tengah hingga jalur Selatan Jateng. 

Meski demikian, jalur alternatif yang bersatus jalan provinsi itu masih belum sepenuhnya baik. Peningkatan ruas jalan juga perlu dilakukan dinas terkait untuk membuat pemudik aman dan nyaman. 

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Jalur ini cukup penting sebagai penghubung dengan jalur Tengah dan Selatan, maka minimal pada H-10 lebaran harus sudah selesai dan digunakan pemudik, " kata Hadi. 

Masih di wilayah Batang, Hadi juga mencermati perlunya solusi  simpul-simpul kemaceran ke arah Timur. Dengan selesainya peningkatan jalan alternatif Banyuputih- Plelen, maka kepadatan di lajur Pantura wilayah Gringsing hingga Plelen bisa terurai. 

"Maka pemudik yang hendak menuju  arah Selatan Jawa dan terjebak kemacetan bisa langsung mengambil alteratif jalan tersebut.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya