Alasan Libur, Banten Tak Peringati Hari Lahir Pancasila

Pegawai BPOM Serang membagikan sticker dan sosialisasi hari lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandhi Lestama

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Banten tak menggelar acara apa pun untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2017. Salah satu alasannya adalah bahwa karena hari itu adalah kalender merah, maka seluruh aparatur sipil negara diliburkan.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

"Sekarang kan libur. Kita ada (surat) edaran yang libur itu. Biasanya yang menangani Kesbang Pol, saya belum dapat tembusan dari Kesbang Pol," kata Komari, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Banten.

Kondisi berbeda justru terjadi di Pemerintah Kota Serang. Meski memang hari libur, mereka tetap menggelar upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

"Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga pada hadir tadi. Jadi walaupun hari libur, ASN tetap wajib mengikuti upacara," kata Hamsin, Kepala Kominfo Kota Serang.

Peringatan serupa pun juga digelar oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan Serang, meski didominasi oleh pegawai perempuan, namun lembaga ini menggelar upacara dan menggelar aksi simpatik berupa sosialisasi Pancasila di perempatan Kebunjahe, Kota Serang, Banten.

Puluhan ASN di Tangerang Terapkan WFH Usai Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

"Kami ingin menyentuh ke masyarakat, ingin menyapa masyarakat. Sembari membagikan pin dan stiker Pancasila," kata Kepala BPOM Serang Nurjaya Bangsawan.

Seperti diketahui Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016. Hari ini, Kamis 01 Juni 2017, merupakan hari lahir ke 72 Pancasila.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Kemenpan-RB menyiapkan 600 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan 200 ribu di antaranya bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024