Warga Lintas Agama di Lereng Merapi Gelar Kirab Pancasila

Ilustrasi Pancasila.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

VIVA.co.id – Ratusan warga lintas agama di lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta, melakukan kirab Garuda Pancasila. Kirab digelar dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni.

Dewan Profesor Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Tidak Mencederai Demokrasi

Kirab dimulai dari halaman masjid menuju area persawahan di Dusun Wonorejo Hargobinangun Pakem Sleman. Masyarakat berjalan kaki sambil mengusung replika Garuda Pancasila.

Lebih dari 250 warga yang ikut dalam kegiatan ini memakai pakaian adat Jawa maupun seragam sekolah. Selain warga dewasa, kirab juga diikuti anak-anak sekolah dan warga lanjut usia dari lintas agama.

Wamenaker: Tanamkan Hubungan Industrial yang Dilandasi Pancasila

"Pesertanya dari lintas agama, ada Islam, Katolik dan Kristen," kata Kepala Dukuh Wonorejo, Monica Esti Widyaningsih, Kamis 01 Juni 2017.

Setelah melakukan kirab, perwakilan peserta membacakan naskah Pancasila, yang diikuti seluruh peserta. Mereka kemudian menggelar doa yang dipimpin tiga pemuka agama.

Silaturahmi dengan 600 Pendeta, Prabowo Cerita Asal Usul Nama Padepokan Garuda Yaksa

Pada akhir acara, peserta menerbangkan balon udara bersama-sama, sebagai simbol kebebasan dan toleransi beragama. Warga berharap dengan peringatan hari kelahiran Pancasila ini, dapat memupuk semangat kebhinekaan.

"Harapannya nilai-nilai Pancasila terutana toleransi antar umat beragama di wilayahnya dan Indonesia umumnya bisa terus dijaga dan tetap mentradisi," katanya.

Ilustrasi korban pelecehan seksual.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

Rektor Universitas Pancasila berinisial ETH resmi dinonaktifkan buntut dugaan kasus pelecehan seksual terhadap pegawainya.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024