Jokowi: Kebhinekaan Indonesia Sedang Diuji

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menyampaikan pesannya dalam peringatan hari lahir Pancasila. Jokowi mengatakan kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Menurutnya, saat ini kebhinekaan Indonesia sedang diuji.

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Jokowi: Saya Ajak Semuanya Menolak Politisasi Identitas

"Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman," kata Presiden Jokowi dalam amanatnya, di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Kamis 1 Juni 2017.

Jokowi menambahkan dari Rote hingga Miangas adalah bentuk keberagaman Indonesia. Berbagai etnis, bahasa, agama, kepercayaan dan golongan, bersatu untuk membentuk yang namanya Indonesia.

Distrik Seni Kini Hadir di Sarinah

Menurut dia, itulah sebenarnya Bhineka Tunggal Ika yang dipegang teguh bangsa ini. Hanya, kata dia, bangsa dan negara sedang mengalami tantangan.

"Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita," jelas Jokowi.

Pimpin Upacara di Ende, Jokowi Ajak Bangsa Membumikan Pancasila

Jokowi mengatakan, ada ideologi lain yang coba untuk menggantikan Pancasila. Ada sikap tidak toleran dengan mengusung ideologi lain.

"Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalah gunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong," tutur  Jokowi.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-50 PDIP di Jiexpo, Kemayoran.

Megawati Sindir Pihak yang Kritik Pancasila: Jangan Hidup di Indonesia!

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung pihak yang kerap mengkritik Hari Lahir Pancasila

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023