Menkopolhukam: Badan Pemantapan Pancasila Segera Terbentuk

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan  Wiranto mengatakan pembentukan Badan Pemantapan Pancasila telah ditandatangani Presiden. Sehingga akan segera dibentuk.

Dewan Profesor Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Tidak Mencederai Demokrasi

"Bukan saya yang menentukan (waktu pembentukannya) tapi sesegera mungkin. Pemantapan Pancasila harus kita selesaikan. Dewan kerukunan nasional menyelesaikan berbagai konflik horizontal secara nasional juga harus ada ruangnya untuk menyelesaikan secara musyawarah mufakat," kata Wiranto usai menemui pimpinan DPR dan MPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

Tak hanya itu, ia menyebutkan, perlu juga ada lembaga yang harus diberikan tugas untuk melakukan pemantapan bela negara. Lalu ia memastikan dalam waktu singkat juga akan dibentuk Dewan Ketahanan Nasional yang sebenarnya telah ada dari pemerintahan yang sebelumnya.

Wamenaker: Tanamkan Hubungan Industrial yang Dilandasi Pancasila

"Dulu tugasnya membuat garis-garis besar haluan negara. Tapi sekarang kan tidak lagi, jadi nanti kita serahi untuk bagaimana mereka aktif dalam merencanakan dan mengendalikan pelaksanaan bela negara di seluruh komponen masyarakat," kata Wiranto.

Adapun struktural Badan Pemantapan Pancasila, ia menjelaskan nantinya akan berada langsung di bawah Presiden. Sehingga badan ini akan menjadi unit kerja dari Presiden.
 

Silaturahmi dengan 600 Pendeta, Prabowo Cerita Asal Usul Nama Padepokan Garuda Yaksa
Ilustrasi korban pelecehan seksual.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

Rektor Universitas Pancasila berinisial ETH resmi dinonaktifkan buntut dugaan kasus pelecehan seksual terhadap pegawainya.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024