Polisi Temukan 300 Kilogram Daging Ayam Oplos Babi di Bogor

Bahan baku bakso yang mengandung daging babi disita di Markas Polres Bogor pada Selasa, 30 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayatullah Humaini

VIVA.co.id - Kepolisian Resor Bogor di Jawa Barat menemukan penjualan daging ayam yang dicampur daging babi. Sebagian daging oplosan itu dijual kepada pedagang bakso.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Aparat menangkap seorang penjual daging oplosan itu di Pasar Citeureup, Bogor, dan menetapkan delapan tersangka pengoplos dan penjual. Total barang bukti daging ayam dicampur babi yang disita dari pengungkapan kasus itu sebanyak 300 kilogram.

"Modus yang dilakukan para tersangka dengan cara mencampuradukkan daging babi dengan daging ayam kemudian dijual kepada pedagang bakso," kata Kepala Polres Bogor, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Muhammad Dicky, kepada wartawan pada Selasa, 30 Mei 2017.

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2024: Daging Sapi, Cabai, hingga Telur Ayam Naik

Pengungkapan penjualan daging itu berdasarkan hasil operasi aparat di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Bogor. Awalnya petugas menemukan pedagang yang menjual daging babi yang dicampur aduk dengan daging ayam.

"Daging yang sudah dicampur ini dijual kepada pedagang tukang bakso dengan harga yang lebih murah, yakni sebesar lima puluh ribu per kilogram," kata Dicky.

Daftar Harga Pangan 1 Maret 2024: Beras, Daging hingga Telur Naik Lagi

Setelah membongkar penjualan daging babi, polisi langsung mengembangkan penyelidikan ke beberapa pedagang bakso. Ternyata beberapa pedagang bakso positif menggunakan daging babi. Bahan baku bakso yang mengandung daging babi disita di Markas Polres Bogor dan para pedagangnya diperingatkan agar tidak mengulangi perbuatan itu.

Delapan orang yang ditetapkan tersangka dijerat Pasal 62 ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Mereka diancam hukuman pidana penjara selama lima tahun. (adi)

Pedagang merapikan telur di Pasar Senen, Jakarta

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Selain cabai dan telur, komoditas yang harganya naik antara lain daging sapi dan ayam.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024