Gempa Poso, Getaran Terasa Hingga Palu dan Luwu

Ilustrasi/Grafik seismograf
Sumber :
  • Marca

VIVA.co.id – Gempa kuat yang terjadi di Poso ternyata juga dirasakan hingga Palu, Sulawesi Tengah dan Luwu Sulawesi Selatan. Warga dilaporkan mengalami kepanikan lantaran gempa memang dirasa kuat. 

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Berdasarkan keterangan Staff Tanggap Darurat Kabupaten Poso Ainun Nawir, gempa pertama dirasakan cukup kuat selama 20 detik. Selanjutnya gempa dirasakan sekira lima detik. Tercatat ada tiga kali gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah. Pertama berkekuatan 6,6 skala richter, kedua 5 SR, ketiga 5 SR.

"Korban jiwa nihil, kerugian materiil sementara nihil," sebut Pudalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan tertulisnya, Senin malam, 29 Mei 2017.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa juga disebut tak berpotensi gelombang tsunami. Seperti disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam situs resminya, gempa pertama terjadi sekira pukul 21.35 Wita. Gempa kedua berkekuatan 5 SR terjadi pukul 21.53 Wita di Sigi, Sulawesi Tengah. Gempa ketiga terjadi sekira pukul 22.03 Wita di Poso dengan kekuatan 5 SR.

Gempa pertama berlokasi di koordinat 1,33 LS (Lintang Selatan) dan 120,41 BT (Bujur Timur). Disebutkan, titik gempa berada pada 38 kilometer ke arah barat laut dari Poso. Gempa kedua berlokasi di koordinat 1,77 LS dan 120,29 Bujur Timur laut Sigi. Gempa ketiga berlokasi di koordinat 1,22 LS dan 120,33 BT, barat laut Poso.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024