Kasus Suap BPK, KPK Diminta Telisik Peran Menteri Desa

Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo.
Sumber :
  • Dolumentasi Kementerian Desa PDTT

VIVA.co.id – Kasus dugaan suap atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan BPK RI kepada Kementerian Pedesaan, diyakini tidak hanya melibatkan Irjen dan anak buahnya di Kemendes. Penyidik KPK pun diminta turut menelusuri peran Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo dan Sekretaris Jenderal Kemendes, Anwar Sanusi selaku pengelola utama dana kementeriannya.

BPK Temukan 33 Ruas Jalan Tol Belum Bersertifikat

"Saya kira KPK perlu menelusuri keterlibatan pimpinan di Kemendes dari mulai Sekjen sampai Menterinya," kata Ahli Hukum dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf kepada wartawan di Jakarta, Senin 29 Mei 2017.

Terlebih, Asep menilai, Inspektur Jenderal Kemendes PDTT Sugito yang juga sebagai ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar disebut-sebut sebagai salah satu orang kepercayaan Mendes Eko.

Komisi VII DPR Blak-blakan Ingin Kepala BRIN Dicopot, Anggaran Riset Diaudit

Asep sendiri menyayangkan, Kemendes sebagai institusi andalan Presiden Jokowi mewujudkan program nawa cita, namun terlibat praktik penyuapan. Karena itu, ia meminta agar anggaran yang dimiliki Kemendes, terutama teruntuk desa-desa dipantau.

"Pengelolaan dana desa yang cukup besar dan tak dikelola dengan baik. Sering mendengar, dana desa harus diawasi dengan ketat, makanya ada pendamping dana desa, tapi justru di pusatnya dan Kemendesnya yang bermasalah. Ini sangat disayangkan, sehingga perlu adanya penyelidikan sampai ke akar-akarnya," kata Asep.

Cak Imin Usul Kementerian Pertanian Dilebur ke Kementerian Desa

Untuk diketahui, dalam kasus ini, penyidik baru menjerat empat orang tersangka yakni, Auditor BPK RI Rochmadi Sapto Giri dan Ali Sadli, serta Irjen Kemendes Sugito, dan pejabat Kemendes Jarot Budi Prabowo. Mereka ditangkap KPK pada Jumat 26 Mei 2017.

Presiden Joko Widodo menerima LHP atas LKPP Tahun 2022 dari BPK di Istana Negara

Jokowi: WTP dari BPK Bukan Prestasi, Tapi Kewajiban Pemerintah

Presiden Jokowi menekankan APBN dan APBD harus dipergunakan dengan penuh tanggung jawab. Manfaanya harus benar-benar dirasakan masyarakat

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2023