Begini Cerita Andi Narogong Bisa Kenal Setya Novanto

Ketua DPR, Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong mengaku mengenal Ketua DPR, Setya Novanto. Perkenalan dengan Novanto diakui Andi pertama kali soal urusan atribut partai untuk kampanye.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Hal itu dikatakan Andi saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 29 Mei 2017.

"Saya kenal dengan Setya Novanto. Waktu itu ada urusan kaos pemilu tahun 2009," kata Andi saat dikonfirmasi Jaksa KPK di hadapan majelis hakim.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Dikatakan Andi, perkenalannya dengan Novanto diawali kedatangan seseorang bernama Herman. Pria yang cukup dekat dengan Novanto tersebut datang ke pabrik milik Andi dan menanyakan soal penyedia atribut kampanye untuk Partai Golkar.

Setelah itu, Andi diajak bertemu dengan Setya Novanto di Teabox Cafe, Jakarta. Andi merasa tak pernah bertemu Setya Novanto di tempat lain. "Saya hanya bertemu dua kali di Teabox," kata Andi.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Saat bersaksi di Pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu, Setya Novanto pun mengaku mengenal Andi Narogong. Menurut Novanto, pertama kali bertemu Andi yakni tahun 2009, di sebuah restoran. Dari pengakuan Novanto, saat itu Andi memperkenalkan diri sebagai pengusaha konfeksi. Andi kemudian menawarkan kerja sama.

Saat ini, Andi telah ditetapkan sebagai tersangka. Andi diduga pernah melakukan sejumlah pertemuan dengan pejabat Kementerian Dalam Negeri, anggota DPR, dan pengusaha untuk membahas anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun.

Andi diduga KPK membagikan uang kepada para pejabat Kemendagri dan sejumlah anggota DPR untuk memuluskan anggaran dan menjadi pelaksana proyek e-KTP. (one)
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya