Gempa 5 SR Guncang Aceh, Rusak Rumah Warga

Ilustrasi lokasi gempa darat Aceh.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Gempa mengguncang Aceh yang terpusat di darat sekitar 27 km barat laut Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Hasil analisis update oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini terjadi pukul 04.54.04 WIB dengan kekuatan 5 skala richter.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr. Daryono, episenter gempa terletak pada koordinat 4,14 lintang utara dan 97,23 bujur timur. Tepatnya di darat pada jarak 27 km arah barat laut Kabupaten Gayo Lues pada kedalaman 10 km.

"Hasil analisis shakemap BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berpotensi dirasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI di Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya termasuk Blangkejeran, Perlak, Lesten, Blangpidie, dan Benermeriah," katanya.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Gempa merusak

Sementara berdasarkan laporan masyarakat di wilayah tersebut, gempa dirasakan oleh banyak orang pada skala intensitas III MMI. Beberapa warga juga dilaporkan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Dari laporan, gempa merusak rumah Adam Malik, petani yang lokasinya di Desa Suri Musara Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Luwes. Bagian belakang rumahnya roboh karena guncangan gempa.

Menurut Daryono, gempa bumi ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal atau shallow crustal earthquake akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera atau Sumatera Fault Zone, tepatnya pada segmen Tripa.

"Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh sesar dengan pergerakan arah mendatar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya