Ada Jalur Khusus di Dermaga Premiun Merak-Bakaheuni

Dermaga di Bakauheni, Merak
Sumber :
  • Jeffry Yanto / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pembangunan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakaheuni ditargetkan rampung Agustus 2018 mendatang. Kedua Dermaga ini diperkirakan menelan biaya sekitar Rp500 miliar dengan fasilitas premium yang diberikan.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Proyek Dermaga Eksekutif yang didukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementrian Perhubungan serta PT Patra Jasa, PT ASDP Indonesia Ferry, dan PT PP Tbk ini akan mempunyai jalur khusus, karena kapal yang beroperasi hanya sebagai angkutan manusia bukan untuk barang.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat, mengatakan dengan dermaga eksekutif, nantinya akan ada pemisahan jalur masuk antara penumpang dan kendaraan kecil dengan truk. Bagi pengguna jasa reguler tetap dipersilakan menikmati pelayanan tarif reguler di dermaga 1-5. 

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

"Dermaga eksekutif ini memang untuk melayani penumpang/kendaraan kecil, ada boarding lounge, vallet parking, serta retail makanan dan minuman,” ujarnya di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu 27 Mei 2017.

Untuk kapal yang beroperasi di dermaga eksekutif ini, lanjut Christine, juga memiliki standar. “Kecepatan kapal minimal 15 Knot, terdapat kabin VIP dan Eksekutif dimana menyediakan reclining seat, AC, toilet, live music, Bar+kantin, serta mushola. Dan yang terpenting, waktu pelayaran (sailing time) dari Merak menuju Bakauheni, maksimal satu jam,” tuturnya.

Lintas Panjang-Ciwandan Mulai Dibuka untuk Arus Balik Mudik, Catat Jadwal dan Tarifnya

Selain itu, layanan dermaga eksekutif ini tidak hanya dapat dinikmati oleh pengguna jasa yang ingin menyeberang, tetapi beragam fasilitas retail dan lifestyle dapat dinikmati oleh pengunjung non penyeberangan. Adapun waktu bongkar muat (port time) maksimal 45 menit. Dengan layanan yang khusus ini, maka berlaku tarif yang berbeda-beda.
 

Sejumlah bus dan truk mengantre untuk mendapar giliran masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, pada masa arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah, Minggu, 14 April 2024.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Kendaraan bus dan truk memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, sebelum menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, saat arus balik hari keempat.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024