Dua Ruangan Auditor BPK Disegel KPK

Sekretaris Jenderal BPK Hendar Ristriawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Badan Pemeriksa Keuangan membenarkan ada operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap tiga pegawainya. Selain menangkap, petugas KPK juga menyegel dua ruangan yang ditempati auditor BPK.

Hakim Itong Isnaeni Pernah Bebaskan Koruptor APBD Rp119 Miliar

"Iya, ada ruangan yang juga di segel KPK. Dua ruangan," kata Sekjen BPK Hendar Ristriawan di gedung BPK RI Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat 26 Mei 2017

Menurut dia, ruangan tersebut disegel karena tiga anggotanya sedang berada di dua ruangan itu saat ditangkap. Ruangan tersebut merupakan ruang Auditorat Utama Keuangan Negara 3.

Penampakan Bupati Langkat Saat Ditangkap, Pakai Kaos dan Celana Pendek

Namun, Hendar belum bisa menjelaskan saat dimintai keterangan lebih lanjut oleh awak media terkait ruangan tersebut. Dia juga melarang awak media untuk sekadar mengambil gambar ruangan tersebut.

Menurut dia, saat ini ruangan tersebut saat ini dalam kondisi steril. Hal itu karena ruangan tersebut berisi barang atau dokumen yang berkaitan dengan pemeriksaan KPK.

KPK Sebut Bupati Kuansing Sempat Berusaha Kabur Saat Ditangkap

"Dua ruangan tersebut disegel karena dua orang auditor yang ditangkap berada di ruang tersebut, dan ada juga dokumen-dokumennya. Termasuk lantai berapa dan ruangannya di mana juga enggak bisa kita kasih tahu," ujarnya

Kemudian, ia menceritakan ketika penyidik KPK datang ke BPK. Menurut dia, tim penyidik KPK tiba sekitar pukul 15.12 WIB.

"Ya Tadi emang benar sekitar jam 15.12 WIB, ada petugas KPK yang datang ke kantor BPK dan petugas KPK ini menuju langsung ke salah satu ruangan auditor di BPK," tuturnya.

Saat diperiksa KPK, tiga pegawai tersebut tak bisa didampingi BPK. Setelah pemeriksaan selesai, KPK langsung mengamankan dua auditor dan satu staf tersebut ke KPK.

"Kemudian dilakukan pemeriksaan tetapi kita tidak boleh mendampingi Apa yang dilakukan pemeriksaan kemudian jam 17.08 WIB, dua orang auditor BPK itu dibawa ke KPK dan satu staf dibawa ke KPK sampai hari ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya