Ketua DPR: Kenaikan Harga Bawang Putih Sakiti Rakyat

Ketua DPR, Setya Novanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto, inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pandansari, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 22 Mei 2017. Dalam kesempatan itu, Novanto menemukan kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

Stok Cabai Melimpah di Sumut, Harga Turun Drastis ke Rp17 Ribu per Kg

"Ada temuan yang paling berharga bawang putih naiknya luar biasa, naik 20 ribu. Ini sangat menyakitkan, membuat sakit rakyat," kata Novanto.

Atas kenaikan harga tersebut, politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu pun mengingat tindakan kepolisian yang telah menindak tegas penimbunan bawang putih sebanyak 185 di Marunda, Jakarta. Dia melihat dampaknya ternyata sampai ke daerah.

Harga Gula dan Bawang Tinggi, Jokowi Ngomel ke Mendag

"Kenaikan melonjak. Pemerintah supaya pergiat sidak agar ada penurunan-penurunan menghadapi puasa dan lebaran," kata Novanto.

Meski demikian, tidak semua bahan pokok naik. Ada pula bahan-bahan lain yang harganya stabil. Dia pun mengapresiasi kinerja dari pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla yang terus berusaha menyetabilkan harga.

Harga Bawang Bombay Masih Tinggi, Stok Cabai Menipis

"Saya sangat bahagia karena bisa merasakan langsung bagaimana kenaikan-kenaikan ini," ujar Novanto.

Selain soal kenaikan harga, khusus di Pasar Pandasari, Novanto juga menemukan fakta bahwa tempat jual beli tradisional masyarakat itu juga sudah tiga tahun ini belum diperbaiki pasca terbakar. Dia pun berjanji akan menyampaikan permasalahan itu ke para pejabat terkait. (ren)
 

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

119 Pasar Rakyat Bakal Direvitalisasi Demi Pulihkan Ekonomi

Kementerian Perdagangan menargetkan membangun dan merevitalisasi 119 pasar rakyat demi pulihkan ekonomi.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2021