TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Tim Hukum FPI Terbang ke Arab Saudi Temui Habib Rizieq

Untuk menentukan langkah apa yang dilakukan bersama dengan Rizieq.
Tim Hukum FPI Terbang ke Arab Saudi Temui Habib Rizieq
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. (ANTARA/Ramdani)

VIVA.co.id – Ketua Bantuan Hukum Front Pembela Islam, Sugito Atmo Prawiro, mengatakan tim hukum yang akan membela Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, akan segera berangkat ke Arab Saudi. Keberangkatan ke Saudi untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan bersama dengan Rizieq.

"Bahas langkah strategis secara yuridis apa yang akan dihadapi. Yang kedua, polisi kan punya wewenang pada waktu pemanggilan sebagai saksi, tapi nanti tiba-tiba ditetapkan sebagai tersangka, bisa saja. Itu kan harus mendiskusikan dengan Habib, tidak hanya dengan lawyer," kata Sugito, Jumat, 19 Mei 2017,

Menurut Sugito, ada sembilan orang yang akan terbang ke Arab Saudi. Saat ini, sudah ada sekitar lima orang anggota tim hukum yang sudah terbang, dan sisanya akan menyusul.

Sugito bersikeras bahwa Rizieq tidak berbuat seperti apa yang disangkakan. Rizieq dan Firza hanyalah korban dari kasus yang dimunculkan sejumlah pihak untuk menjatuhkan nama baiknya.

"Kalau kita pelajarin apa yang sudah berjalan saat ini, sebenarnya Rizieq dan Firza ini korban. Jadi handphone disita pada tanggal 2 Desember, tanggal 20 diviralkan oleh orang yang enggak jelas, padahal waktu itu handphone disita di penyidik," ujarnya

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya kriminalisasi terhadap ulama. Maka dari itu untuk menghadapi hal tersebut, Rizieq dan kuasa hukumnya menyiapkan strategi agar tidak salah langkah.

"Dari kondisi seperti ini, mengantisipasi jika Habib Rizieq pulang, diminta keterangan dan ditingkatkan tersangka, apa sikap kita, apa mau praperadilan. Ketika polisi punya wewenang, dia punya hak untuk memaksa harus menerima sebagai tersangka," ujarnya.

Ketidakadilan ini, kata Sugito, membuat Habib berpikir dua kali untuk pulang sebelum apa yang terkait persoalan ini jelas. "Jadi harus ada strategi," ujarnya. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP