NASIONAL

Depag Gelar Sidang Tentukan 1 Syawal

Pemerintah Tetapkan Lebaran 20 September

Dari hasil teropong, diantaranya Pantai Pelabuhan Ratu dan Masjid Agung Semarang.

ddd
Sabtu, 19 September 2009, 19:15
Petugas Departemen Agama lakukan perhitungan hilal rukyat
Petugas Departemen Agama lakukan perhitungan hilal rukyat (Antara/ Eric Ireng)

VIVAnews - Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 20 September 2009. Penetapan ini dilakukan setelah menerima masukan ahli hisab dan rukyat, dan bekerja sama dengan Departemen Komunikasi dan Informasi dan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"1 Syawal jatuh pada Minggu 20 September," ujar Menteri Agama Maftuh Basyuni dalam sidang Isbad, Sabtu 19 September 2009.

Hasil tersebut diputuskan Deparatemen Agama setelah menerima laporan dari sembilan titik wilayah di Indonesia, yang yang dibacakan Abdul Fatah ketua badan hisab dan Rukyat. Dari hasil teropong, diantaranya Pantai Pelabuhan Ratu dan Masjid Agung Semarang, rukyat sudah terlihat.

Sidang Isbad dipimpin Basyuni pada pukul 19.00 WIB, berlangsung sekitar 70 menit. Sidang dihadiri menteri kominfo, ormas-ormas Islam, seperti Muhammadiyah, NU, serta duta besar negara sahabat antara lain; dari Mesir, Alzajair, Azarbaijan, Tunisia, Pakistan, Malaysia, Palestina, Brunei Darussalam, Maroko, Qatar dan Iran.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
indra
19/09/2009
info yang bagus... tapi masih ada salah pengertian antara rukyat dan hilal... ditulis "rukyat terlihat ... ' seharusnya "hilal terlihat...". rukyat artinya melihat sedangkan hilal adalah bulan... kata2 lengkapnya Rukyatul Hilal atau melihat bulan...
Balas   • Laporkan
Basir maja
19/09/2009
Inna' dhien Indallahil Islam,Selamat hari raya idhul fitri 1430 Hijriah.mohon maaf lahir dan bathin.semoga kita menjadi bayi yang baru lahir kembali.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru