TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Menteri Nasir Sebut Ujian Olahraga SBMPTN Setara Olimpiade

Dia berharap lahir atlet berbakat yang bergabung di kampus.
Menteri Nasir Sebut Ujian Olahraga SBMPTN Setara Olimpiade
Menristek Dikti, Mohamad Nasir, memantau ujian keterampilan olahraga SBMPTN di Lapangan Sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar pada Rabu, 17 Mei 2017. (VIVA.co.id/Yasir)

VIVA.co.id - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, memantau pelaksanaan ujian keterampilan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Lapangan Sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar pada Rabu, 17 Mei 2017.

SBMPTN hari kedua adalah seleksi tes uji keterampilan bagi calon mahasiswa dalam bidang seni dan olahraga. Di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Menteri memantau peserta yang sedang diuji keterampilan olahraganya. Peserta SBMPTN berlari mengelilingi lapangan sepakbola dengan waktu yang telah ditetapkan. 

"Ayo, adik-adik harus semangat," kata M Nasir melalui pengeras suara, menyemangati peserta SBMPTN yang sedang berlari. 

Ujian keterampilan pada bidang olahraga, peserta SBMPTN harus menjalani pemeriksaan kesehatan, serta melewati enam tes keterampilan. Peserta dinilai dari enam tes itu, seperti lempar tangkap bola untuk menguji koordinasi mata dan tangan. Kemudian tes lompat tegak atau vertical jump untuk mengukur power tungkai dan tubuh bagian bawah.

Selanjutnya, sit up selama 60 detik untuk mengukur daya tahan otot perut. Lalu push up untuk melihat kekuatan otot lengan. Tes kelincahan atau Illinois agility run test untuk mengetahui kemampuan kelincahan mengubah arah dengan waktu secepat mungkin tanpa kehilangan keseimbangan. Tes terakhir, yaitu lari sejauh 1.600 meter untuk mengetahui kapasitas maksimal jantung paru.

"SBMPTN ini kita lakukan seleksi bagaikan Olimpiade. Ketat ujiannya. Kenapa, karena kita berharap lahir atlet berbakat yang bergabung di kampus. Nanti kita bina sebelum menjadi atlet profesional," ujar Menteri. 

Pada tes keterampilan olahraga di UNM diikuti 2.561 peserta dari total 17.447 peserta SBMPTN yang memilih UNM. Hanya ratusan yang akan diterima dari Fakultas Ilmu Keolahragaan. 

SBMPTN untuk Panitia Lokal Makassar, total ada 47.963 pendaftar yang terbagi dalam kelompok sains dan teknologi, sosial-humaniora, dan campuran. Lebih 4.000 peserta mengikuti ujian keterampilan untuk bidang seni dan olahraga.

Menteri Nasir Pantau Ujian SBMPTN Olahraga Setara Olimpiade

Calon mahasiswa peserta ujian keterampilan olahraga SBMPTN di Lapangan Sepakbola Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar pada Rabu, 17 Mei 2017. (VIVA.co.id/Yasir)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP