135 Kapal Asing Bersandar di Perairan Lombok

VIVAnews - Sebanyak 135 kapal pesiar dari berbagai negara akan bersandar di perairan Lombok. Saat ini 45 kapal pesiar atau yang disebut boat Yacht itu sudah terpakir di Teluk Medana Bay Marina yang berada di Kecamatan Tanjung Lombok Utara.

Kedatangan kapal Yacht itu merupakan bagian dari kegaiatan Sail Indonesia 2009 yang perayaannya berlangsung di Bunaken Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Setiap kapal maksimal berkapasitas enam orang penumpang.Rata-rata penumpang kapal pesiar itu didominasi orang tua berusia antara 60 tahun keatas.

Ketua Panitia tour keliling wisatawan Ace Robin mengatakan sebagian wisatawan sedang mengelilingi tempat wisata di Lombok. Bahkan dalam lima hari terakhir sudah banyak kapal pesiar yang memasuki wilayah Teluk Medana Bay Marina.

"Saat ini kapal pesiar sudah mulai keluar masuk dan parkir disini,kami menggratiskan biaya parkir kapal pesiar tersebut," kata Ace kepada VIVAnews di Medane Lombok Utara Jum'at 18 September 2009.

Ace menambahkan area teluk Medana tersebut bisa menampung kapal pesiar Yacht itu.Namun beberapa kapal diantaranya ada yang sudah berlayar untuk mengelilingi  pulau-pulau lainnya seperti kawasan tiga Gili yang letaknya tidak jauh dari teluk Medana. Kedatangan kapal pesiar yang rata-rata memiliki panjang  17 meter itu disambut baik masyarakat setempat.

Ace Robin yang juga mengelola tempat itu memberi kesempatan para wisatawan untuk belajar menjahit. Antusiasme warga setempat dan penyambutan yang begitu baik memberi kesan tersendiri bagi wisatawan.

Selain mengunjungi perairan Lombok Nusa Tenggara Barat, kapal pesiar Yacht itu juga akan mengunjungi daerah lain seperti Maluku, Maluku Utara, Sulawesi,Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Perjalanan mengelilingi perairan Indonesia tersebut merupakan bagian dari kegiatan Sail Indonesia 2009.

"Ini merupakan permulaan dari kemajuan sektor Pariwisata NTB,kami senang dengan datangnya 135 kapal pesiar ke Teluk Medana. Kedepan kami berharap Teluk Medana menjadi tempat bersandarnya kapal pesiar dunia," ujar Ace.

Puncak acara kedatangan kapal pesiar Yacht itu akan berlangsung padatanggal 24-28 September mendatang.Berbagai pagelaran seni tradisional akan ditampilkan untuk menyambut sekaligus melepas kapal pesiar itu.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024